Langsung ke konten utama

Matrix Eisenhower by Kulwap with Coach Rio

 Assalamualaikum wr wb
Dah jam 20.12...
 Maaf terlewat

Ini matrix Eisenhower
Tentang Mendesak dan Penting
Ada yang bisa bantu jelaskan?  Baca matrix nya
Matrik 1 berarti melakukan kegiatan yg penting dan mendesak.
 Matrik 1, yg penting dan mendesak jd harus lgsg dilakukan

Matrik 2, penting tapi ga mendesak tetapi hrs direncanakan
Matrik 2 biasanya kegiatan jangka lbh pjg penting utk dilakukan tp tdk mendesak
 Ayo.. dilanjut penjelasannha
Matrik 3, ga penting tapi mendesak. Jadi bisa didelegasikan

Matrik 4, ga penting dan ga mendesak. Jadi ntar dl dikerjainnya 😬
Contohnya pekerjaan yang ga penting dan ga mendesak apa coach? Bukan kah ada baiknya gausa dipikirkan toh ga guna juga.
Contohnya spt balas chat yg gak ada hubungannya dg bisnis ya coach?
Ini bisa menjadi pemetaan pengalihan kewenangan diorganisasi
Misal jilatin materai buat bikin invoiceπŸ˜€πŸ˜€
 Ini kan yang saya maksud gausa dipikirin dan gaada guna? Kenapa kita harus letakan di matrix ke 4

Ok..  kita masuk materi nya
 Matrik 1: Klu ketemu urusan yg penting dan mendesak, Kerjakan..
Matrik 2: Biasakan merencanakan urusan yg penting..
Matrik 3: Klu ada urusan yg mendesak tapi nda penting, suruh orang lain aja..
Matrik 4: Jangan sia-siakan waktu untuk yg tidak penting dan tidak urgent.
 Sambil ngopi dan makan pisgor
 Matrik ini bisa dibaca dengan ragam kepentingan... Untuk kelas leadership bisa, kelas bisnis juga bisa
 Kita bahas dari sisi bisnis yaaa...
 *1. No Urgent dan No Important*
Ini adalah produk yang tak mendesak dan tidak dibutuhkan, kalau kita berada 
diarea ini, maka akan terjadi buang buang waktu dan uang. Karena produknya 
tidak dibutuhkan oleh market alias pasar tidak perduli dengan produk tersebut.
*2. Urgent dan No Important*
Di matrix ini, dibutuhkan produk yang mendesak namun tidak penting. Pasar di 
matrix ini sangat kecil, segmented dan kita bisa kesulitan berkembang untuk 
scale up bisnis karena membutuhkan effort marketing yang besar untuk 
memperbesar pasar
*3. Urgent dan Important*
Di matrix ini, dibutuhkan produk secara mendesak dan penting. Ini disebabkan 
kebutuhan pasar lebih besar dari supply yang ada, sehingga seberapa pun besar 
dan banyaknya produk kitaa, maka akan terserap pasar. Disini pasar 
menghadapi masalah dan butuh solusi secara cepat. Disinilah para competitor 
bermain. Para pemilik modal besar bertarung. Sehingga pada berbondong 
bonding memasuki pasar ini. Di pasar ini terjadi pengumpulan uang secara cepat 
bila kita yang lebih dahulu masuk karena termasuk Trend Jangka Pendek. Di 
pasar ini, kekuatan branding produk sangat besar berperan. Karena bila 
branding tidak kuat, maka akan terjadi RED OCEAN.
*4. No Urgent dan Important*
Di matrix ini, kita akan memprepare membaca pergerakan pasar. Sehingga 
kekuatan data sangat penting. Banyak sumber daya yang bisa dikeluarkan untuk 
mempersiapkan pasar untuk matang. Namun ketika pasar itu sudah matang, 
maka kita yang akan menjadi yang pertama menikmatinya.
Jarang pebisnis mempersiapkan produk untuk pasar ini, karena memang pada 
matrix ini dibutuhkan kekuatan riset berbasis big data. Butuh effort yang besar 
untuk membangkitkan pasar di segment ini.

Matrix not urgent but important ini yang kita harus rencanakan agar menjadi blue ocean buat produk kita
Paham ya..
 Alhamdulillah
Sekarang, mari analisa produk kita, ada di matrix mana?
Ini pemetaan skala prioritas secara umum
 Klo cnth produk utk ini apa coach?
 Untuk masing-masing matriks
 
Beras anti diabet anti gemuk

Apa permasalahan yang ada sekarang, dan belum ada solusinya, maka kita rencanakan untuk menjawab masalah tersebut
Produk beneran apa rekaan? Emang ada?
Memang rekaan berdasarkan permasalahan yg ada sekarang
Gojek merupakan contoh nya
Dia merupakan produk hasil masalah masa lalu, yang dijawab sekarang
Basis matrix not urgent but important adalah riset untuk mendapatkan data

Sekarang Gojek bergeser ke matrix mendesak dan Penting... 

Sehingga pemain baru mulai bermunculan diantaranya golek, okjek dll..

Namun kekuatan branding yang akan menentukan siapa yang leading
 Nah.. ini PR yang harus dijawab sama bisnis ownernyaπŸ˜€

Dan kenapa waktunya cepat sekali..? Apa variabel yg mempengaruhi waktunya?
Persaingan.. makanya, ingat teori buah apel


Kalau enak, segera habiskan jangan sisain


Kalau ga enak, pelan pelan tinggalin
 Jd PR hr ini?
Materi ini singkat....
PR nya, dari sisi aktifitas kita sebagai bisnis owner,  isi masing masing kolam dengan apa yang harus di kerjakan, di tinggalkan, di delegasikan, dan direncanakan
Lalu, dari sisi bisnis, bagaimana produk kita ada dalam urgent dan penting dan not urgent namun penting
Apa yang harus kita lakukan
02/02/18, 20:59 - ‪+62 899-8850-333‬: Banyak pisan euy
02/02/18, 20:59 - ‪+62 899-8850-333‬: Satu aja dong coach
02/02/18, 21:00 - ‪+62 899-8850-333‬: Ini aja yaa 😊
02/02/18, 21:01 - ‪+62 812-8242-7030‬: πŸ‘•πŸ‘” jazakallah khairπŸ‘”πŸ‘•

Gold Lock Time
pebisnis adalah orang yang mencari masalah. Ada masalah ada pendapatan☺
Ini berguna buat penentuan produk kalau mau jadi reseller
Bisnis kita boleh kelas UKM, namun Cara Berfikir kita harus Kelas Corporate
Kalau kata master TDW, temukan nikmatnya kalau berhasil...
Nanti akan di perjelas di copy darat ya...
Yang lain juga sama.. cuma ga mau terus terang aja.. cuma dalam hati😊
Mudah kok copy paste nya.. teken yang lama.. nanti muncul copy, lalu pasteπŸ˜€
Ok, saya tutup kelas malam ini dengan quote

_barangsiapa mengetahui jauhnya perjalanan ini, maka dia akan bersiap siap_

Akhirul kalam, saya mohon maaf bila ada kata yang salah bahkan sulit dimengerti, semoga Alloh swt memberi saya kemudahan menyampaikan dan memberi pemahaman kepada kita dalam pembelajaran kehidupan.


Wassalamualaikum wr wbπŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»
02/02/18, 22:00 - ‪+62 812-8425-1989‬: Baik, terimakasih banyak Coach πŸ™πŸ»
02/02/18, 22:06 - ‪+62 899-8850-333‬: Makan steak enak tuh coach..kyk yg lembur kemarin πŸ˜ƒ
02/02/18, 22:07 - ‪+62 852-1072-6372‬: Waalaikumusalam
02/02/18, 22:08 - ‪+62 812-1250-2445‬: Wa'alaikumsalam wrwb

Terima kasih coach

 Assalamu’alaikum, utk penomoran di uraian ini sesuai nomor matrix nya kan coach? 

Bs tlg jelaskan lg mksd nya utk matrix no.4 Eliminate dgn uraian No. 4 No urgent dan Important, trcntum *Matrix not urgent but important ini yang kita harus rencanakan agar menjadi blue ocean buat produk kita*. Terima kasih
oach Rio &  Bapak/Ibu mau nanya soal PRnya dong, jadi PRnya ada 4 bukan seperti ini  
1. 9 pilar bisnis
2.  Strategy 10.5.3 dan 5.3.1
3. Blue Ocean
4. matrix Eisenhower 

Untuk no.1 dan 2 insya Allah faham dan tahu format ngerjain PRnya... nah kalau nomor 3 dan 4 seperti apa ya?
 PR-nya very chalenging.... #tetapsemangat

Assalamualaikum wr wb
Tetap semangat ya
Kalau ada yg belum mengerti.. diskusikan saja

 Pak rio
konfitmasi pe er ke 3 ya
 CM : Rawat
T1 : Raih
T2 : Rebut
T3 : Rayu
Ya
 Di penerapannya, ada 4 kunci action agar keluar dari persaingan dan memberi nilai tambah yaitu 
1. Eliminate (hilangkan)
2. Reduce (kurangi)
3. Raise ( dinaikkan)
4. Create ( ciptakan )
 Apa yang di eliminate, faktor faktor yang ga penting, yang hanya jadi beban produksi, bahkan sebenarnya ga ada juga ndak apa apa
Reduce dengan mengurangi namun tidak mengurangi kwalitas
Raise adalah menaikkan value produk, sehingga menarik konsumen
Akhirnya, Create untuk menciptakan apa value innovation yang sangat menarik pelanggan namun tidak ada standart di produk ini
 Kerjain CM atau yg eliminate, dkk ?
CM
Dengan teknik ini
Itu bukan tahapan, namun treatment masing masing market
 Pa Rio, panah cost dan kinerja berlawanan kah? Yg lain antar point searah semua
 Ya berlawanan. Kinerja naik, cost turun
 Misal, kalau karyawan 1 bisa mengerjakan pekerjaan 2 kali lebih cepat, kita kan ndak perlu bayar lebih untuk nambah karyawan
03/02/18, 20:15 - ‪+62 812-8047-2735‬: Terakhir PRnya malam ini atau bsk malam Coach?
 Yg ini blm di jwb, antara utaian dan point matrix di no. 4 berasa kontradiksi. Di matrix disebut eliminate di uraian spt prospect product. Cmiiw. Bgmn mksd nya?

Untuk organisasi kita, silahkan isi sesuai kepentingan nya
Ini saya jelaskan yaaa
Misal : not urgent not important

Apa yang yang mau kita *eliminasi*
Contoh : jilatin materaiπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€
 Urutan keterangan yang point ini, bukan berdasarkan no urut yg ada di matrix
 *3. Urgent dan Important*
Di matrix ini, dibutuhkan produk secara mendesak dan penting. Ini disebabkan 
kebutuhan pasar lebih besar dari supply yang ada, sehingga seberapa pun besar 
dan banyaknya produk kitaa, maka akan terserap pasar. Disini pasar 
menghadapi masalah dan butuh solusi secara cepat. Disinilah para competitor 
bermain. Para pemilik modal besar bertarung. Sehingga pada berbondong 
bonding memasuki pasar ini. Di pasar ini terjadi pengumpulan uang secara cepat 
bila kita yang lebih dahulu masuk karena termasuk Trend Jangka Pendek. Di 
pasar ini, kekuatan branding produk sangat besar berperan. Karena bila 
branding tidak kuat, maka akan terjadi RED OCEAN.
*4. No Urgent dan Important*
Di matrix ini, kita akan memprepare membaca pergerakan pasar. Sehingga 
kekuatan data sangat penting. Banyak sumber daya yang bisa dikeluarkan untuk 
mempersiapkan pasar untuk matang. Namun ketika pasar itu sudah matang, 
maka kita yang akan menjadi yang pertama menikmatinya.
Jarang pebisnis mempersiapkan produk untuk pasar ini, karena memang pada 
matrix ini dibutuhkan kekuatan riset berbasis big data. Butuh effort yang besar 
untuk membangkitkan pasar di segment ini.
*1. No Urgent dan No Important*
Ini adalah produk yang tak mendesak dan tidak dibutuhkan, kalau kita berada 
diarea ini, maka akan terjadi buang buang waktu dan uang. Karena produknya 
tidak dibutuhkan oleh market alias pasar tidak perduli dengan produk tersebut.
*2. Urgent dan No Important*
Di matrix ini, dibutuhkan produk yang mendesak namun tidak penting. Pasar di 
matrix ini sangat kecil, segmented dan kita bisa kesulitan berkembang untuk 
scale up bisnis karena membutuhkan effort marketing yang besar untuk 
memperbesar pasar
: πŸ‘†πŸ»no ini bukan menerangkan urutan matrix

Ini hanya urutan penjelasan
 Baca keterangan masing masing yaaa
Iya tlg dipasang-pasangin nomor uraian sm nomor matrix yg sesuai yg bnr yg spt apa? *pemula
: Untuk analisa produk, juga di isi. Apakah produk kita ada di matrix mana?
 Dan apa yang akan kita rencanakan untuk setiap matrix itu
 Coba ibu ambil irisan nya ya
Coba baca jangan no nya.. namun keterangannya yaaa
Not urgent not important : eliminate (4)

Urgent dan no important delegate (3)
Coach rio, boleh konsultasi gak?
 Ini matrix ada dua fungsi
1. Menganalisa organisasi

2. Menganalisa produk
 Kalau baca ini, dengan no nya dan keterangan yang ada di matrix (do, plan,eliminate delegate) 

Ini untuk analisa organisasi dan leadership
 Kalau baca ini, ini buat analisa produk untuk kepentingan marketing
Siap..  kita diskusikan
coach ini ada contoh yg udah di isi ga?
Ini analisa kinerja organisasi ya
Ini contoh analisa organisasi dan leadership
 maksudnya kalau kita punya byk produk.. kita nilai satu2, produk A di diagram mana, kemudian produk B,C dan seterusnya.. begitu????
 Ya
Nah produk yang ada di kelas no urgent dan no important.. jgn dijual.. capek.. ga laku
Mau tanya coach. Seberapa penting SOP untuk tim pas buka usaha baru. Apakah dibutuhkan MOU antar tim atau tidak?
Coach klu produk kita hanya 1,2 dan itu ada di matrix urgent important ,berarti isinya kolom 1 aza
 Ya
Untuk CM-T1-T2-T3, boleh gak kita abaikan T3.

Mksdnya supaya resource yg kita punya konsentrasi di pasar yg berpeluang besar untuk dijadikan target jualan?

Saya jualan kaos berdisain Islami. 
Pastilah ada orang2 yg tidak mungkin saya tawarkan kaos yg saya jual terkait _keyakinan_ orang2 tersebut..
 Prinsip Dari Blue Ocean adalah memperbesar market.

Namun, tingkat 'kemudahan' akuisisi market adalah dari CM - T3

Jadi, ini bisa dianggap skala prioritas.

Apakah diabaikan yang T3? Jawabanya.. mau ekspansi pasar atau ndak?
 Apa ada kategori 4th Tier, kelompok orang2 yg mustahil bakal beli produk kita?
Pasti ada. Karena tidak semua orang menjadi target market
Tidak ada produk yang memuaskan semua market
 Baik coach.. Noted..

Peta market berarti harus saya rubah.. 

Materinya Memenangkan Persaingan Bisnis dengan 5C dan 13P
Ngeliat 5C dan 13P
 Baik... Besok InsyaAlloh yaaa
Yuk fokus ke pelajaran
 Ada yang mau ditanyakan dari materi kemarin?
Coach ada buku yg bagus gak untuk referensi materi2kemarin?
Itu intisari dari pembelajaran grounded bu
Sama coach fahmi, sudah disarikan dari ragam buku
Saya hanya meneruskan... Semoga ilmu nya bermanfaat dan ini juga biar saya ingat
Pembelajaran grounded selama 10 hari, dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam. Didalam ruangan. Hanya istirahat pada waktu break dan sholat saja
Ya harusnya si bs ngikut disiplinnya dikit d grup ini
Biar kerasa gmn fokusnya d Malang...
Lebih berasa lagi.. ibu ikut kelasnya di malang...
 Detail info?
Saya hanya ada beban moral ketika ilmu yang didapat tak diajarkan. 

Khawatir menjadi beban pertanggung jawabannya di akhir nanti
 Japri ke saya biar nanti saya kasih no nya
 Baik.. kita istirahat dulu ya..

Mohon maafkan segala khilaf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

9 Pilar Bisnis by Kulwap with Coach Rio

9 Pilar Bisnis by Kulwap with Coach Rio 9 Pilar bisnis terdiri dari : 1. omset 2. Kepuasan pelanggan 3. kinerja (sdm) 4. Cost 5. Organisasi 6. Leadership 7. Business owner mentality 8. Spirituality 9. Human dignity Penjelasan : Apakah itu omset? Omset adalah target pendapatan dari penjualan yang kita lakukan. Omset merupakan *Goal Setting* yang harus clear dan jelas berapa yang mau kita capai dari bisnis yang kita jalani Kedua adalah *kepuasan pelanggan* yang merupakan customer kita. Dimana pelanggan harus mempunyai rasa puas setelah menggunakan produk kita. Bahkan kalau bisa, melebihi ekspektasinya Ketiga adalah Kinerja ( SDM ). Jadikan kinerja sebagai basis penilaian terhadap sdm yang kita miliki, bukan berdasar lamanya waktu dia bekerja namun. Keempat adalah cost, yang harus kita tekan seminimal mungkin agar jalannya bisnis dan keuntungan bisnis lebih banyak Logikanya, kalau cost ditekan, walau omset tetap, namun profit akan meningkat. Point 1 sampai 4 adalah

Sistem dan Kuasa Bisnis Owner by Kulwap with Coach Rio

Malam ini, ada materi yang ringan.. Tentang Sistem dan Kuasa Bisnis Owner *Pertama kita bahas kuasa sistem* Ada 5 kerangka sistem yang dapat dikendalikan oleh seorang business owner Untuk menjadikan organisasi bisnis jadi kuat, orang orang dalam organisasi harus terus belajar dan tumbuh. Pertumbuhan organisasi sejalan berbanding lurus dengan peningkatan kapasitas individunya Ada 5 kuasa sistem yg harus dikendalikan yaitu *1. SDM* tidak ada sdm yang ada ditempat kerja namun tidak jelas apa hasilnya. *2. Promotion* promosi adalah aktifitas vital dan jantungnya bisnis. Produk yang hebat, berkualitas dan berdaya saing, akan jadi produk yg sia sia jika tak dipromokan dengan tepat kepada marketnya. *3. Financial* sistem keuangan jadi tolak ukur bisnis. Inti dari bisnis adalah uang yang dihasilkan. Jadi musti melek financial agar bisa menerapkan strategi bisnis kedepannya. *4. Daily Operation* operasional bisnis harian sudah tersistem dengan baik, sehingga tak perlu seorang

Blue Ocean Strategy by Kulwap with Coach Rio

Malam ini kita berbicara cara mengembangkan pasar... Dengan konsep *Blue Ocean Strategy* *Blue Ocean* ini memiliki konsep dasar _value innovation_, yang akan mengalihkan dunia mu kepada dunia ku, Eh.. mengalihkan persaingan yang berdarah darah menjadi biru ... _value innovation_ tidak selalu bicara tentang inovasi teknologi, bisa juga berupa peningkatan keuntungan bagi pelanggan. Sehingga kompetisi itu bukan untuk dimenangkan, namun sudah tidak relevan lagi *ingat ya... Value innovation* Ada 2 pendekatan dalam menciptakan value innovation ini, *pertama* penghematan cost dan *kedua* membuat *buyer value* dengan meningkatkan atau menciptakan elemen baru yang belum ditawarkan pesaing Translate please Ada yang bisa translate? Bantu yuk Itu saya ambil di google gambarnya Ini merupakan keterangan bebas dari gambar yaaa BOS itu singkatan apa ya Pak Rio? The cornerstone of BOS Blue ocean strategy Lanjut yaaa 01/02/18, 20:33 - Im Rio: Nah.. penerapan blue ocean ini adalah dengan meng