Langsung ke konten utama

Menganalisa Market by Kulwap with Coach Rio

Malam ini kita masih bahas menganalisa market
Ada tool bisnis, yang dikenal dengan 5C dan 13P
 Tool ini digunakan untuk memenangkan Persaingan Bisnis
 Ini semacam mata mata, agar kita lebih waspada...waspada waspadalah😊
 Apa saja Toolnya yang 5C  yang harus kita kenali.

*1. Competitor Terlama*
Kita dapat belajar dari pesaing yang terlama dalam bisnis kita tentang _daya tahan_. Dengannya kita belajar bagaimana bertahan ditengah pasar yang kompetitif dan dinamis.
Bagaimana pesaing menghadapi krisis, melewati masa pertumbuhan dan eksis melayani pelanggan setianya dalam jangka waktu lama. Cari tahu, lalu terapkan yang belum kita terapkan.
*2. Competitor Terunik*
Competitor yang menyediakan produk yang unik atau beda sama sekali sehingga di cari pelanggan. Unik disini, bisa jadi produknya, caranya, tatanannya, atau apa saja yg unix sehingga eksis karena keunikannya.
 *3. Competitor Terbesar*
Competitor yang mempunyai size bisnis yang besar dan luas penguasaan marketnya.  Disini kita bisa belajar, bagaimana memperbesar size dan menjangkau wilayah yg luas. Amati gerak bisnisnya.
Cara dia mengendalikan pelanggan, supplier, proses produksi yang cepat dan hemat
*4. Competitor Terdekat*
Lokasi yang berdekatan tentu sangat berpengaruh sama bisnis kita. Kita patut melirik apa yang pesaing terdekat lakukan agar kita waspada. Hal ini perlu dilakukan, agar bisnis kita ndak masuk ke red ocean pada saat belum siap
 *5. Competitor Terbaru*
Sebagai pebisnis, kadang kita dikejutkan oleh pendatang baru. Ini pasti membuat cemas, karena tergarapnya ceruk pasar yang seharusnya kita bisa garap. Kita wajib mewaspadai apa yang dia lakukan agar kita dapat mempersiapkan segala sesuatunya
Sampai sini..  bisa dipahami?
Diskusikan dulu ya
Baru lanjut ke 13P
Apa memang 5C itu harus kita lakukan bersama?
Sebaiknya iya, agar bisa meng capture peta persaingan
Aqiqah pesaingnya banyak bener
Jangan sampai, nanti kita terkaget dengan pesaing yg tiba tiba muncul
 bagaimana cara tahunya.???
πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€
 Coach, saya coba mengkaitkan dengan bisnis saya.. 
Jika saya nggak bisa temukan 5 kompetitor, kalopun ada cuma 2 atau malah 1, apa itu artinya produk saya ada di blue ocean?
Bisa jadi blue ocean, bisa jadi.karena ga ada pasar
 5 kategori "C" diatas mksdnya..
Bisa diriset. Dari google, dari tanya pelanggan dll
 Bukan gak ada pasar kali coach, gak ada pesaing mksdnya ya? 

Pasar kan selalu bisa kita bangun sendiri..
 Untuk kue, banyak loh contoh pesaing nya
06/02/18, 20:29 - Im Rio: Kalau pasar nya kecil ndak bisa di scale up, biasanya pemain ga banyak yang terjun
ini 5C kalau salah satunya ga ada yg Ter td apa ada rumusan lain?
Contohnya ga ada?
Harus ada
 Kita bedah 1 contoh ya
 Misal Bisnis Kue
1. Competitor Terlama ?

2. Competitor Terunik?

3. Competitor Terbesar?

4. Competitor Terdekat?

5. Competitor Terbaru?
 Kue kering deh
 Coba bantu.. siapa saja pesaingnya
Terlama : khong guan
Boleh
1. Competitor Terlama ?
Khong Guan

2. Competitor Terunik?
Cupcrame cookies

3. Competitor Terbesar?
Biskuit Roma ~irama~

4. Competitor Terdekat?
Oreo

5. Competitor Terbaru?
Barikly
Kurang lebih seperti ini datanya ya
 Dari kompetitor ini, di analisa dengan 5C tadi, sehingga dapat diserap keunggulan dari masing masing kompetitor
 Dapat dipahami yaaa
Coach mau tanya
 Silahkan...
Bagaimana jika kompetitor kita ternyata sedang belajar bersama kita? Apakah itu baik untuk bisnis? Belajar bareng dengan kompetitor.
 bisa lebih jelas? Sama sama belajar?
 Belum running?
Kompetitornya ada disini kali ya?
 Bagaimana jika kompetitor juga menerapkan 5 C sbg spying bagi pesaing2 dia.Dan kita termasuk targetnya.Apa yg harus kita lakukan?ada saran...?
Bukan, maksudnya gini. Kan kita disini lagi riset kompetitor ya. Kalau belajar itu kan kita harus terbuka ya. Nah disini kan bisa jadi kompetitor melihat kekurangan bisnis kita, atau malah yang tadinya ga niat bisnis, eh malah jadi kompetitor kita pas kita jabarin potensi dan market.
 Ini penjelasannya coach
5C berdasarkan skala jg ya coach? Kl produk kt dipasarkan secara nasional atau lokal berarti kompetitor nya jg yg berskala nasional atau lokal ya?
Ya bisa jadi. Sy juga bisnis gara2 dikasi tau pasarnya sama temen saya. Eh sekarang saya malah jadi kompetitor temen saya. Hahahaha
 Tambahin speednya, sehingga ga dikejar
Kalau skala lokal, pesaing nasional pun jadi pesaing kita kan?
😁😁😁

Seru nih yang begini..

Boleh tau bisnisnya apa? Sapa tau saya bisa jadi kompetitor... πŸ˜…πŸ˜…
akanya, hasil belajar di japri.. biar ga bocor😊
Ada gula ada semut. Kalau bisnis anda bagus.. pasti di intai
Kalo saya di kategorikan sebagai kompetitor, saya malah seneng.. ☺
udah gitu doang. Jadi kesimpulannya gak ada pebisnis yang nularin ilmunya 100%, pasti ada n% yang dirahasiakan
Ga hanya di intai, bahkan kalau perlu dimatikan...
 Dunia bisnis memang seperti itu. Sunnatullah.. kompetisi
 Kita hanya membuka realita dilapangan.. kenyataannya seperti itu.
 Dah ya.. kita lanjut dulu
Jadi PR nya.. cari 5C anda, dan serap keunggulannya apa saja, dari sisi produk, pelayanan, inovasi dll
Dari 5 Pesaing tadi, lakukan analisa *the better 13P*

 *1. Product*
Bagaimana caranya membuat produk lebih baik, lebih enak, lebih murah, lebih trendy dll

*2. People*
Bagaimana caranya, agar orang dalam bisnis kita berkinerja tinggi sehingga lebih produktif. (Misal dilarang main hp waktu kerja)

*3. Process*
Proses dalam bisnis kita, harus lebih mudah, cepat, efisien dan efektif dengan meminimalisir komplain.

*4. Partner*
Kita harus menemukan partner yang tepat, yang bisa memberikan inspirasi, energi dan solusi bukan menjadi beban bisnis.
 *5. Place*
Memiliki tempat yang representative, nyaman, menarik. Karena tempat cerminan bisnis yang dibangun. 

*6. Promotion*
Promosi yang efektif, efisien dibanding pesaing. Makanya, ini penting untuk memahami pasar yang di target. Pasar yang belum tergarap dengan baik yang merupakan target market kita.

*7. Price*
Bagaimana agar produk kita lebih terjangkau oleh konsumen dibanding pesaing dengan tetap mengedepankan mutu.

*8. Packaging*
Membungkus produk sesuai selera konsumen, sehingga memunculkan kebanggaan kepada konsumen
*9. Solution*
Kita harus bisa memberikan solusi atas permasalahan yang timbul.

*10. Pocket of Excellence*
Temukan kehebatan dalam bisnis anda yang pesaing belum melakukan nya

*11. Project*
Dari no 10 diatas, lakukan project untuk mewujudkannya dan menghadirkan dalam bisnis kita, apa yang pesaing belum miliki.
Ini berkaitan dengan strategy blue ocean.

*12. Power*
Kekuatan apa yang kita miliki yang pesaing ndak ada, dan kekuatan apa yang pesaing punya namun kita ndak ada.

*13. Position*
Tentukan positioning bisnis kita dibanding pesaing. Sehingga memungkinkan kita bisa leading.
1-9 itu faktor kompetisi kita

10-13 adalah cara kita menciptakan jurang dengan pesaing
Yang 9. Problem and Solutions
Sampai sini materinya
Kita diskusi tahap 2
Silahkan
Dari hasil investigasi, kan ada masalah.. nah.. Cari deh solusinya
*9. Problem and Solution*
Kita harus bisa memberikan solusi atas permasalahan yang timbul.

*10. Pocket of Excellence*
Temukan kehebatan dalam bisnis anda yang pesaing belum melakukan nya

*11. Project*
Dari no 10 diatas, lakukan project untuk mewujudkannya dan menghadirkan dalam bisnis kita, apa yang pesaing belum miliki.
Ini berkaitan dengan strategy blue ocean.

*12. Power*
Kekuatan apa yang kita miliki yang pesaing ndak ada, dan kekuatan apa yang pesaing punya namun kita ndak ada.

*13. Position*
Tentukan positioning bisnis kita dibanding pesaing. Sehingga memungkinkan kita bisa leading.
Silahkan yang mau ditanyakan
 Baik. Sambil menyerap dan memahami.. sesi diskusi bisa dilanjut esok hari jam 20.00. 

*Besok ndak ada materi*
Saya tutup materi malam ini dengan hamdallah... alhamdulillah...


Mohon maaf atas segala khilafπŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»
 Wassalamualaikum wr wb
.
Nah, poin 5C nya ga sampe 5, hanya Terlama dan Terbesar saja.
Terbesarpun masih "sepertinya".
 Apa produknya?
Pil penghemat bensin dan pil penghemat solar.
yg buatan medan ya?
Pemain lama buatan Jerman, tapi dari adu uji coba kalah dengan ini, buatan lokal.
Pasar banyak membutuhkan?
Pasarnya sejumlah kendaraan yang ada.
Buatan alumni ITB.
Selain menghemat, dia mengurangi gas buang, jadi menguragi bahkan menghilangkan polusi dari kendaraan.
Pak zainal kerjasama dgn pembuatny alumni itb tsb?
Menarik

 Saya hanya Agen.
Kalau memang unggul, tinggal di perkuat promo dan jaringan distribusinya
Siap.

Value yang diberikan sama.  Itu juga pesaing
Pemain g banyak tp pesaing  tetap ada..
 Ini kan produk subsitusi untuk kendaraan.

Yang resiko nya di tanggung oleh pemilik.

Kecuali kalau kita memberikan sesuatu sesuai formula 5 3 1, maka bisa booming

Apa yang 1 nya. Yg only one kita doang yang bisa kasih?

Jawab ke khawatiran konsumen dengan 1 jawaban. Garansi Tanpa Tanya Bila Mobil Rusak
 Coach rio....dari 2 materi semalem....kita ada tugas tidak?maaf tdk bsa full nyimak.Sinyal lumayan susah...πŸ™πŸ»
Ya PR nya tentukan 5C dan 13P.

Nanti malam di diskusikan lagi
 Kl produknya lbh dr 1 maka 5C & 13P-nya jg masing-masing ya coach?
 Ya
 Produk lbh dari 1 ini maksudnya misal jual kue, jual baju, jual dll gitu ya? Kalau hanya jual baju saja, itu hitungannya 1 produk kan?
 Ya
Assalamualaikum semua
Malam ini kita lanjut diskusi tentang 5C dan 13P yaaa
Silahkan di tanyakan untuk pemahaman lebih mendalam
Hari ini dapat japri dari member disini, bahwa apa yang disampaikan disini, beliau sudah dilakukan 20 tahun lalu
Keren kan
Orang nya smart pastinya...
 Bisnisnya buah buahan...
Ya.. permasalahan produk adalah bagian dari perusahaan
pohon bisnis, menyiapkan bisnis dr hilu ke hilir πŸ‘πŸ‘
Beliau sudah istirahat.. next time saya minta sharing yaaa
Boleh sharing nya coach @hambali agar temen temen mendapat insight
Saya coba yaaa
 Ini riset untuk dapat data.
 Bisa riset di google.
anjang bahasannya.. nanti saya panggil sesi khusus ya..
Ada kok orangnya disini
Makin dikupas makin menarik bahasan ttg topik ini ya? Dan para mastah sdh ditunggu ilmunya nih ...
Yang kita bahas disini, pondasi bisnis dulu... Sehingga bisnis kita, bisa jelas arahnya...
Sekaligus bisa memetakan persaingan bisnis
Pemain lama, biasanya brandnya sudah 'kuat', kalau kita head to head secara harga, insyaAlloh kalah
Kecuali kita bisa memunculkan 13 P
Menjual.lebih mahal pun bisa
Coba deh manjat dulu yang 13P diatas

Misalnya: ada produk yg jaya di FB tapi lemah di IG.

Apa situasi itu bisa dibilang produk itu hidup di dunia FB aja..?
Aku ga love keduanyaπŸ˜€
Temukan jawabannya dg do it pak, trying aja, closing order yg berbicara 😁
 Maksud ane hubungan antara head 2 head dg market leader dan 13P spt apa?
13P itu untuk membuat produk kita lebih unggul dari pesaing

Untuk yg main, channel marketing, perhatikan market yg dituju.. dia ada dimana
Saya pakai SEO dan offline
 Tergantung produk dan market yang disasar. 

Ibarat kolam, ikannya ada dikolam yang mana?
Oh ya.. diskusi saya tutup ya... Silahkan dilanjut diskusi bebas seputar bisnis nya disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

9 Pilar Bisnis by Kulwap with Coach Rio

9 Pilar Bisnis by Kulwap with Coach Rio 9 Pilar bisnis terdiri dari : 1. omset 2. Kepuasan pelanggan 3. kinerja (sdm) 4. Cost 5. Organisasi 6. Leadership 7. Business owner mentality 8. Spirituality 9. Human dignity Penjelasan : Apakah itu omset? Omset adalah target pendapatan dari penjualan yang kita lakukan. Omset merupakan *Goal Setting* yang harus clear dan jelas berapa yang mau kita capai dari bisnis yang kita jalani Kedua adalah *kepuasan pelanggan* yang merupakan customer kita. Dimana pelanggan harus mempunyai rasa puas setelah menggunakan produk kita. Bahkan kalau bisa, melebihi ekspektasinya Ketiga adalah Kinerja ( SDM ). Jadikan kinerja sebagai basis penilaian terhadap sdm yang kita miliki, bukan berdasar lamanya waktu dia bekerja namun. Keempat adalah cost, yang harus kita tekan seminimal mungkin agar jalannya bisnis dan keuntungan bisnis lebih banyak Logikanya, kalau cost ditekan, walau omset tetap, namun profit akan meningkat. Point 1 sampai 4 adalah

Sistem dan Kuasa Bisnis Owner by Kulwap with Coach Rio

Malam ini, ada materi yang ringan.. Tentang Sistem dan Kuasa Bisnis Owner *Pertama kita bahas kuasa sistem* Ada 5 kerangka sistem yang dapat dikendalikan oleh seorang business owner Untuk menjadikan organisasi bisnis jadi kuat, orang orang dalam organisasi harus terus belajar dan tumbuh. Pertumbuhan organisasi sejalan berbanding lurus dengan peningkatan kapasitas individunya Ada 5 kuasa sistem yg harus dikendalikan yaitu *1. SDM* tidak ada sdm yang ada ditempat kerja namun tidak jelas apa hasilnya. *2. Promotion* promosi adalah aktifitas vital dan jantungnya bisnis. Produk yang hebat, berkualitas dan berdaya saing, akan jadi produk yg sia sia jika tak dipromokan dengan tepat kepada marketnya. *3. Financial* sistem keuangan jadi tolak ukur bisnis. Inti dari bisnis adalah uang yang dihasilkan. Jadi musti melek financial agar bisa menerapkan strategi bisnis kedepannya. *4. Daily Operation* operasional bisnis harian sudah tersistem dengan baik, sehingga tak perlu seorang

Blue Ocean Strategy by Kulwap with Coach Rio

Malam ini kita berbicara cara mengembangkan pasar... Dengan konsep *Blue Ocean Strategy* *Blue Ocean* ini memiliki konsep dasar _value innovation_, yang akan mengalihkan dunia mu kepada dunia ku, Eh.. mengalihkan persaingan yang berdarah darah menjadi biru ... _value innovation_ tidak selalu bicara tentang inovasi teknologi, bisa juga berupa peningkatan keuntungan bagi pelanggan. Sehingga kompetisi itu bukan untuk dimenangkan, namun sudah tidak relevan lagi *ingat ya... Value innovation* Ada 2 pendekatan dalam menciptakan value innovation ini, *pertama* penghematan cost dan *kedua* membuat *buyer value* dengan meningkatkan atau menciptakan elemen baru yang belum ditawarkan pesaing Translate please Ada yang bisa translate? Bantu yuk Itu saya ambil di google gambarnya Ini merupakan keterangan bebas dari gambar yaaa BOS itu singkatan apa ya Pak Rio? The cornerstone of BOS Blue ocean strategy Lanjut yaaa 01/02/18, 20:33 - Im Rio: Nah.. penerapan blue ocean ini adalah dengan meng