Langsung ke konten utama

KulWap bersama @FuzaBarisila di Grup WA SUCCESS PEOPLE

Sherli (Sharing Online Grup WA SUCCESS PEOPLE) 16 April 2015
Penulis Buku "Main Property GAya Anak Muda"

16 Apr 8.01 PM - Fuza Aulia Barisila: Perkenalkan nama saya Fuza Aulia Barisila. Alhamdulillah saat ini sedang mengembangkan perusahaan developer property dengan project di Jawa dan Kalimantan. Dalam beberapa waktu yang lalu menerbitkan sebuah buku berjudul “Main Property Gaya Anak Muda” dibantu oleh Ibu Sofie Beatrix (bagi teman” yang ingin menulis buku namun tidak bisa menulis -seperti saya- 😊 bisa menghubungi beliau. Beliau master di bidang menulis dan menerbitkan buku, hubungi asamediamu@gmail.com 😊)

Saya merupakan seorang anak dari orang tua yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil, merupakan lulusan Sarjana Ekonomi Akuntansi, menjadi developer property merupakan impian yang saya idamkan.

Dalam beberapa waktu kedepan izinkan saya berbagi apa yang saya alami ketika menjalankan bisnis properti 😊
Sebelum kita mulai mari satukan persepsi 😊
Properti yang saya maksud disini adalah rumah, ruko, gudang, apartement, office tower, kondotel.

Developer Properti yang saya maksud disini adalah orang yang menguasai lahan, memberikan nilai tambah atas tanah tersebut, menjual, kemudian membangun rumah/ruko/gudang… dst.

Apa sih maksud dari “Main Property Gaya Anak Muda”?

Main property disini yang dimksud sebagai developer properti (pengembang property).

Sedangkan gaya anak muda adalah pola kerjanya sesuai dengan kebiasaan anak muda yaitu suka yang simple, cepat, untung besar dan paling penting adalah tanpa uang.

Jadi main property gaya anak muda bisa disimpulkan cara menjadi seorang developer property yang simple, dalam waktu yang cepat, untung besar, dan tidak menggunakan uang yang kita miliki.

Untuk menjadi seorang developer property tidak harus orang yang kaya, keturunan orang yang kaya, merupakan anak dari orang tua seorang developer/pengusaha, tanpa harus memiliki gelar pendidikan, tanpa harus goreng rekening, tanpa harus membuat PT atau badan hukum.

Apapun latar belakangnya kita dapat menjadi seorang developer property walaupun telah masuk daftar blacklist Bank Indonesia.

Kegiatan pencarian passion dalam bisnis sudah mulai saya lakukan saat SMA.
Ada 19 usaha yang saya coba sebelumnya hingga akhirnya saya menetapkan bahwa bisnis developer property merupakan bisnis yang akan saya tekuni sampai saya meninggal dunia.

Pada tahun 2009 saya mengikuti seminar bisnis Entrepreneurship University yang pada saat itu mendatangkan mentor dengan tema bisnis property yaitu kavling tanah.

Pada pelatihan tersebut disampaikan bahwa bisnis kavling tanah simple dan sangat menguntungkan. Itulah alasan yang menggerakkan saya untuk mulai berbisnis kavling tanah pada tahun 2009.
16 Apr 8.08 PM - Fuza Aulia Barisila: Namun karena KURANGNYA ILMU maka usaha kavling tanah tersebut terhenti.

Saat itu saya berkomitmen bahwa suatu hari saya harus berbisnis property, entah bagaimanapun caranya suatu saat saya harus berbisnis property.

Pada waktu itu saya berfikir bahwa saya akan berbisnis yang lain dulu, sehingga dari bisnis lain saya akan mengumpulkan dana yang cukup besar untuk masuk ke bisnis property.

(saya saat itu beranggapan untuk menjadi developer property harus padat modal dan harus membangun project kawasan besar)
16 Apr 8.09 PM - Fuza Aulia Barisila: Ternyata pemikiran saya salah. Pemikiran tersebut merupakan salah satu faktor yang menghambat saya dan sebagian besar orang untuk segera memulai bisnis property khususnya developer property.

Pada tahun 2011 akhir dikala bisnis yang saya rintis gagal. Terinspirasi keberhasilan Elang Gumilang dan saat itu saya bersama teman membaca beberapa buku tentang cara menjadi developer property karya Aryo Diponegoro dan Bambang Ifnurdin Hidayat. Kami memberanikan diri untuk mengakuisisi sebuah lahan kecil di pusat kota.

Lantas bagaimana caranya mengakuisisi lahan yang harganya sangat mahal saat itu dikala bisnis gagal dan bahkan tidak memiliki uang untuk mengikuti pelatihan property.

Sebelum kita bongkar bagaimana caranya, saya minta teman teman untuk mencatat 3 KUNCI DEVELOPER PROPERTI yang mana ini merupakan BENANG MERAH dalam dunia developer property.

3 KUNCI DEVELOPER PROPERTI:
1.            Akuisisi LAHAN
2.            JUALAN
3.            MEMBANGUN

[*ketiga hal ini harus dapat diselesaikan dengan tuntas karena jika salah satu tidak selesai dilakukan maka project tidak akan selesai]

Pada saat itu saya dan teman berusaha untuk mengakuisisi sebuah lahan yang cukup untuk dibangun 4 unit property berukuran total 20m x 30m dengan nilai yang sangat besar bagi seorang mahasiswa.

Kami berfikir keras bagaimana bisa menguasai lahan tersebut sedangkan kami tidak memiliki uang.  Disaat pemilik lahan tidak berhasil dinegosiasi untuk bekerjasama.

Cara yang saya lakukan saat itu adalah dengan mencari orang untuk membeli lahan tersebut (untuk menjadi pemilik lahan baru menggantikan pemilik lahan lama) dengan menawarkan prospek pengembangan lahan tersebut kepada beberapa teman yang saya lihat memiliki kemampuan untuk mengakuisisi lahan tersebut (baik teman yang memiliki dana sendiri ataupun dana orang tuanya).

Saat itu selama satu minggu lebih saya menawarkan prospek pengembangan lahan ke banyak orang. Pagi, siang, sore, malam saya presentasikan project tersebut pada orang yang berbeda pada tiap pertemuan.

Apabila saya ditolak maka saya tawarkan pada orang yang menolak untuk memberikan 5 referensi orang yang bisa saya tawarkan, dan apabila ada salah satu referensi tersebut mau membeli lahan tersbut maka yang memberi referensi dapat ikut serta dalam project tersebut.

Hingga akhirnya setelah presentasi bertubi-tubi Alhamdulillah saya dipertemukan oleh teman yang orang tuanya tertarik dan memiliki kemampuan untuk mengakuisisi lahan tersebut.

Apa yang saya lakukan -> Mencari orang yang tertarik dengan rencana project dan mau membeli lahan tersebut untuk mendapatkan keuntungan project.

Kenapa orang tua teman saya percaya? Karena aman. Dikarenakan setelah lahan tersebut dibeli maka nama di sertifikat akan dibalik nama atas nama orang tua teman saya.

Pada akhirnya lahan tersebut berhasil di akuisisi tanpa uang yang saya miliki.

Setelah membuka beberapa project dapat saya simpulkan banyak cara untuk mengakuisisi lahan tanpa uang, berikut beberapa caranya:

1.  Cari tanah milik keluarga/teman dekat, jika anda dapat meyakinkan rencana pengembangan proyek pada keluarga/teman terdekat maka lahan dapat diakuisisi tanpa harus mengeluarkan uang.
2.  Naikan harga dan turunkan syarat dengan meminta keringanan dalam pola pembayaran
3.  Pola pembayaran lahan per kavling property yang laku terjual
4.  Bagi hasil dari keuntungan project dengan pemilik lahan
5.  Tukar pembayaran lahan dengan unit property yang akan di bangun di lokasi lahan tersebut.

Menjadi developer property itu bisa TANPA UANG asalkan tau “ILMU”-nya.
Hal yang selalu saya ingat pada saat saya gagal pada tahun 2009 adalah karena kurangnya ILMU. Maka semenjak kejadian tersebut saya meyakini bahwa segala sesuatunya memerlukan ILMU untuk berhasil.

Menjadi developer property itu MUDAH/SIMPEL dikarenakan banyak pihak yang dapat membantu dalam prosesnya, yaitu:
1. Saat ingin mencari lahan bisa bertanya ke keluarga terdekat, Makelar tanah, Koran, Broker dll
2. Saat ingin mengurus perizinan dapat meminta bantuan pihak notaris yang memahami perizinan dan peraturan pemerintah.
3. Saat ingin memasarkan dapat meminta bantuan Kantor Pemasaran Properti/Broker/Agen Properti yang memahami cara menjual properti
4. Saat ingin membangun dapat bekerjasama dengan Kontraktor yang memahami ilmu pembangunan

Menjadi developer property itu memberikan UNTUNG BESAR dikarenakan jika keuntungan yang diperoleh sebesar 10% dari harga rumah maka saat satu rumah senilai 500jt terjual maka keuntungan dari per unit rumah bisa s/d 50jt.


Dipersilakan bagi teman" yang ingin bertanya 😊

========================================================================

16 Apr 8.25 PM - +62 878-1528-4888: Sy di banjarmasin. Ada temen nih minga jualin lahan 5 hektar. Ada kenalan mas fuza yg mau?
16 Apr 8.25 PM - +62 857-9082-7457: Tanya.
Penjualan apakah menggunakan sistem KPR /sistem syariah? Sprti DPSI yg lg naik daun.
16 Apr 8.25 PM - Ilmi Zahir SP: Silahkan jika ada yg mau nanya...

16 Apr 8.26 PM - Fuza Aulia Barisila: Coba diajak kerjasama bangun project properti. Ayo siapa yang mau langsung praktek? 😊
16 Apr 8.26 PM - Fuza Aulia Barisila: Penjualan menggunakan BNISyariah yang akadnya kita sesuaikan dengan ketentuan syar'i

16 Apr 8.27 PM - +62 857-2335-2578: Asw..wr. wb...salam kenal mas..mau tanya bagaimana pendekatan untuk meyakinkan pemilik lahan mau kita jualkan tanahnya?
16 Apr 8.28 PM - +62 812-1258-2640: Bagaimana cara menentukan lokasi yg dapat diprediksi propertinya bisa laku?

16 Apr 8.28 PM - Fuza Aulia Barisila: Alaikumsalam wr wb salam kenal
16 Apr 8.29 PM - Fuza Aulia Barisila: Kita harus menjadi solusi bagi pemilik lahan
16 Apr 8.29 PM - Fuza Aulia Barisila: Kaitkan dengan nama besar
16 Apr 8.29 PM - Fuza Aulia Barisila: Lihat lokasi sekitar apakah sudah ada perumahan lain dan laku atau tidak

16 Apr 8.30 PM - +62 896-3799-5277: Utk lahan/tanah apkh hrs di cek ke bpn dl? Krna dengar" sk ada surat tanah yg ganda
16 Apr 8.31 PM - +62 857-9082-7457: Tanya.
Berarti masih pake Jasa Bank? Bukannya kalau Di jual langsung Untung Lebih besar, dan harga Lebih murah daripada pake Jasa Bank.
2. Sperti pertanyaan diatas pola mencari Posisi/lahab bagaimana? Apakah harus cari Lokasi sekitar terlebih dahuli. Kalau tidak ada perumahan disekitar Sperti apa? Kan kalau masih belum ada perumahan Di daerah itu lahan Bisa Lebih murah?
16 Apr 8.31 PM - +62 857-2335-2578: mas saya mau praktek langsung..hal apa dulu yg harus dilakukan..
16 Apr 8.32 PM - +62 812-1258-2640: Bagaimana jk kita ingin menciptakan tren lokasi properti karena prediksi bahwa di tempat itu akan ramai dlm beberapa thn lagi, sedangkan resikonya besar?

16 Apr 8.32 PM - Fuza Aulia Barisila: Harus/wajib melakukan pengecekan jangan asal beli

16 Apr 8.38 PM - +62 856-4813-0418: mas fuza mau tanya.. apakah kita yg masih awan dan ingin bisnis properti harus belajar di training DPI or DPSI agar tau step by stepnya... secara kita masih plonga plongo.. 😀

16 Apr 8.39 PM - Fuza Aulia Barisila: Benang merah nya sama

16 Apr 8.39 PM - +62 811-5031-531: <Media dihilangkan>

16 Apr 8.39 PM - Fuza Aulia Barisila: Belajar dengan siapa saja

16 Apr 8.41 PM - +62 819-0142-4286: Minta pndapat
Sekarang bisnis properti sangat marak, terutama perumahan, perindustrian, gedung2 bertingkat pertokoan, mall dll
Masalahnya terkadang kita tidak memerhatikan alam, hutan2 dibabat habis, lalu bagaimana kita menyikapi hal ini? Trimakasih

16 Apr 8.41 PM - +62 856-4813-0418: mantaap.. materi malam ini keren..
16 Apr 8.42 PM - +62 857-2335-2578: Berarti b
16 Apr 8.43 PM - +62 857-2335-2578: Bisa refernsikan nama2 besar di bidanng properti..
16 Apr 8.43 PM - +62 812-1258-2640: Apakah kita harus menguasai AMDAL untuk terjun ke bisnis property?
16 Apr 8.45 PM - Fuza Aulia Barisila: G perlu mas. Tinggal cari orang yang ahli
16 Apr 8.45 PM - Fuza Aulia Barisila: Notaris
16 Apr 8.46 PM - Fuza Aulia Barisila: Bangun properti sesuai perencanaan yang ditetapkan oleh pemerintah dan maksimalkan upaya utk membuat bangunan yang peduli lingkungan
16 Apr 8.46 PM - +62 813-3249-2826: Mas fuza.. td bilang gk usah buat PT/badan usaha dlm mengembangkan property. Trus bgmn mrk (calon customer) bs mempercayai kita?
16 Apr 8.46 PM - Fuza Aulia Barisila: Kaitkan dengan nama besar BANK dan Notaris
16 Apr 8.47 PM - Fuza Aulia Barisila: Jika ada dananya dibuat
16 Apr 8.47 PM - Fuza Aulia Barisila: Jika minim modal sementara perorangan dulu
16 Apr 8.50 PM - Ilmi Zahir SP: 10 menit terakhir bersama mas fuza...
16 Apr 8.50 PM - +62 812-1258-2640: Kalau nebeng perusahaan lain gimana hukumnya? Apalagi kalau ada yg mensyaratkan harus berbadan hukum. 😃
16 Apr 8.51 PM - Fuza Aulia Barisila: Tidak terlalu penting
16 Apr 8.51 PM - Fuza Aulia Barisila: Tapi kalau diperlukan boleh asal perusahaan lain mau
16 Apr 8.52 PM - +62 898-1182-089: Mas Fuza, kenapa pada "3 KUNCI" nya lebih dulu JUALAN dariapada MEMBANGUN? mohon bocorannya
16 Apr 8.53 PM - +62 812-1258-2640: Pertanyaan keren nih...
👆
16 Apr 8.54 PM - +62 812-1258-2640: 😄
16 Apr 8.54 PM - Fuza Aulia Barisila: karena diperlukan uang untuk membangun jadinya jualan dulu
16 Apr 8.54 PM - Ilmi Zahir SP: Teuku wisnu join project property sama teuku wisnu ya...
16 Apr 8.55 PM - Ilmi Zahir SP: Teuku wisnu join project property sama mas fuza ya...
16 Apr 8.55 PM - +62 898-1182-089: jadi kalo udah terjual, yg dibangun lahan akuisisi pribadi ya?
16 Apr 8.56 PM - +62 812-1258-2640: Beda property konvensional dgn syariah sebenarnya apakah hanya di akad atau ada yg lain?
16 Apr 8.56 PM - Fuza Aulia Barisila: Iya saat ini mengembangkan perusahaan bersama mas teuku wisnu
16 Apr 8.56 PM - Fuza Aulia Barisila: Yang di bangun lahan yang terjual
16 Apr 8.57 PM - Fuza Aulia Barisila: Akad nya mas dan pola pembeliannya
16 Apr 8.59 PM - +62 813-3249-2826: Ketika jualan, uang yg baru ada kan DP. Nah biaya pembangunannya bgmn?
16 Apr 9.00 PM - Fuza Aulia Barisila: Mari sama" belajar pada seminar A Tribute pada tanggal 3 mei 2015.

Sebelum hadir pada seminar nanti diharapkan sudah mulai mencari lahan untuk dikembangkan agar apa yang diperoleh dapat langsung dipraktekan.

Yang dapat teman" lakukan:
1.            Kumpulkan informasi mengenai lahan dari orang terdekat (minimal 9 orang)
2.            Coba tawarkan pada pemilik lahan untuk dikerjasamakan menjadi project property. Apabila pemilik lahan mau dikerjasamakan maka akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan hanya menjual lahan saja tanpa dikerjasamakan.
3.            Kumpulkan informasi mengenai harga tanah, luas tanah, copy sertifikat (minimal bagian peta lahan) yang ingin dibangun
4.            Kumpulkan informasi mengenai ukuran dan luas bangunan, ukuran dan luas kavling, harga jual, dan nilai tambah yang dimiliki oleh developer lain disekitar lokasi.

Mari kita sama” belajar dan langsung beraksi 😊

16 Apr 9.01 PM - +62 878-1513-1425: Tanya🙋: bagaimana menyikapi jika pembeli ada komplain, apakah kita yg harus bertanggung jawab, ataukah pemilik aewal?
16 Apr 9.02 PM - Fuza Aulia Barisila: Komplain terhadap bangunan > developer
16 Apr 9.03 PM - +62 819-0142-4286: Thx mas fuza atas ilmunya
Sukses untuk kita semua..😃
16 Apr 9.03 PM - Ilmi Zahir SP: Makasih mas fuza
16 Apr 9.04 PM - +62 812-1258-2640: Terima kasih. Akhirnya ngeh dgn bisnis property. 😄👍
16 Apr 9.05 PM - +62 898-1182-089: Terimakasih Mas Fuza 😁
16 Apr 9.05 PM - Fuza Aulia Barisila: Sama" semoga bermanfaat
16 Apr 9.05 PM - +62 812-1258-2640: Banget 😃
16 Apr 9.06 PM - +62 878-1513-1425: Msh ada waktu ga ya sya mau tanya lg😁
16 Apr 9.06 PM - Fuza Aulia Barisila: Silahkan
16 Apr 9.10 PM - +62 878-1513-1425: Tentang rumah yg masih kredit  namun mau dijual oleh pemiliknya, bagaimna itu cara menawarkan atau meyakinkan ke org lain, kan sertifikat rumahnya masih belum keluar ?
16 Apr 9.11 PM - +62 877-1446-2044: Mau iji  tanya. Saat ini ada lahan 12 ha yg sudah dipercayakan ke saya, hanya masalahnya, lokasinya di pedesaan, cianjur selatan, ada sarankah untuk pemanfaatannya? Terima kasih
16 Apr 9.13 PM - Ilmi Zahir SP: Yg pengen sharing lebih teknis bersama mas fuza, silahkan hadir di seminar A Tribute bersama pak Jamil Azzaini, bjm 3 mei 2015
16 Apr 9.14 PM - Fuza Aulia Barisila: Langsung datang ke notaris bank (tempat kredit) infokan bahwa akan di bayar oleh pihak ke tiga dan pembayaran jangan diberikan ke penjual melainkan langsung dibayarkan ke bank tempat kredit. Jadi otomatis saat dana dibayarkan di bank sertifikat disimpan oleh notaris
16 Apr 9.14 PM - Fuza Aulia Barisila: Lihat kondisi sekitar apakah sudah ada pasar yang terbentuk
16 Apr 9.15 PM - Fuza Aulia Barisila: Jika blm ada pecah lahannya dan jual per kavling
16 Apr 9.16 PM - Fuza Aulia Barisila: Demikian dari saya semoga bermanfaat dan selamat beraksi 😊
@fuzabarisila @PDAindonesia

Berbagi melancarkan rizki,
mari berbagi dengan sesama
@SesamaIndonesia www.sedekahbersama.com

Miliki buku “MAIN PROPERTY GAYA ANAK MUDA”
Dapatkan harga khusus bagi pemesanan hari ini.
- 081230924812 -

Komentar

  1. Assalamualaikum bos fuza. Saya tertarik menjadi developer. Sekarang saya mahasisea di salah satu kedinasan di TangSel. Dan sebagai broker juga .
    Bolehkah saya menimba ilmu dgn bos fuza ? Izinkan saya bergabung di grup WA bos fuza. Saya ingin belajar mumpung masih muda .
    Ini nomor saya
    0823-1058-7777
    M. Fauzi

    BalasHapus
  2. Mohon di massukan ke grup WA : 08211 799 8217 Very

    BalasHapus
  3. Mohon bisa bergabung ke grup WA : 0817 9505 146

    BalasHapus
  4. Mohon bisa gabung di group wa : 085607669337. Trrimksih

    BalasHapus
  5. Mohon dimasukkan ke group wa : 082300200328. Terima kasih.

    BalasHapus
  6. Mohon bisa dimasukan ke grup wa : 085258311130 Terima kasih

    BalasHapus
  7. Mohon bisa dimasukan ke grup wa : 089682168162 Terima kasih

    BalasHapus
  8. Mohon bisa dimasukan ke grup WA : 0811.9801.777 Terima kasih



    BalasHapus
  9. Mohon ijin bisa gabung di grup wa 081253233093

    BalasHapus
  10. Mohon ijin bisa gabung di grup wa 081253233093

    BalasHapus
  11. Mohon bisa dimasukan ke grup wa : 081212428153 Terima kasih

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum, boleh gabung saya tertarik untuk masuk di dunia property.
    No hp wa saya
    085250144764

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum, boleh gabung saya tertarik untuk masuk di dunia property.
    No hp wa saya
    085250144764

    BalasHapus
  14. Mohon bisa dimasukan ke grup WA : 088317323461 Terima kasih

    BalasHapus
  15. Siapa tahu ada yang berminat

    PT. Arada Mulia Indonesia

    Dibutuhkan Team Leader dan Marketing Property (In House & Freelance)

    Kualifikasi Team Leader:
    - Pendidikan Min. D3/sederajat
    - Berpengalaman min 1 - 2 tahun, sebagai Team Leader Marketing di industry Property
    - Berpenampilan menarik
    - Usia 21 – 35 tahun
    - Kemampuan Presentasi, Komunikasi dan Negoisasi yang baik
    - Teamwork, membina hubungan baik dan Interpersonal
    - Senang Bekerja dengan target
    - Diutamakan untuk domisili Jakarta Selatan, Tanggerang, Depok dan Ciputat

    Benefit:
    - Gaji pokok
    - Closing fee & Komisi
    - OR
    - Reward

    Berminat??
    Hubungi
    Arada Mulia Indonesia
    Edugate Building lt 5
    Jl. Fatmawati Raya No. 99
    Cilandak, Jakarta Selatan, 12430
    aradamulia@gmail.com
    http://aradamuliaindonesia.com/

    Untuk detail info hubungi:
    Kantor: 021 75900174
    CP: Mrs. Vivi Adrianty 087885569229

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Mau dong dimasukin ke grup wa'nya
    Assimsar
    081289533133

    BalasHapus
  19. Mohon ijin bisa gabung di grup wa 085647560204

    BalasHapus
  20. ijin bergabung dalam group wa 081999438514

    BalasHapus
  21. Mohon bisa dimasukkan ke group WA 082217139750 Terimakasih

    BalasHapus
  22. PELUANG BISNIS FREELANCE PROPERTY
    Daftar jadi Freemium/Premium Agen Property Atau Anda/Kenalan Anda Punya Property untuk Jual, Beli dan Sewa untuk di Iklankan di sini.
    www.csmagnetpro.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

9 Pilar Bisnis by Kulwap with Coach Rio

9 Pilar Bisnis by Kulwap with Coach Rio 9 Pilar bisnis terdiri dari : 1. omset 2. Kepuasan pelanggan 3. kinerja (sdm) 4. Cost 5. Organisasi 6. Leadership 7. Business owner mentality 8. Spirituality 9. Human dignity Penjelasan : Apakah itu omset? Omset adalah target pendapatan dari penjualan yang kita lakukan. Omset merupakan *Goal Setting* yang harus clear dan jelas berapa yang mau kita capai dari bisnis yang kita jalani Kedua adalah *kepuasan pelanggan* yang merupakan customer kita. Dimana pelanggan harus mempunyai rasa puas setelah menggunakan produk kita. Bahkan kalau bisa, melebihi ekspektasinya Ketiga adalah Kinerja ( SDM ). Jadikan kinerja sebagai basis penilaian terhadap sdm yang kita miliki, bukan berdasar lamanya waktu dia bekerja namun. Keempat adalah cost, yang harus kita tekan seminimal mungkin agar jalannya bisnis dan keuntungan bisnis lebih banyak Logikanya, kalau cost ditekan, walau omset tetap, namun profit akan meningkat. Point 1 sampai 4 adalah

Sistem dan Kuasa Bisnis Owner by Kulwap with Coach Rio

Malam ini, ada materi yang ringan.. Tentang Sistem dan Kuasa Bisnis Owner *Pertama kita bahas kuasa sistem* Ada 5 kerangka sistem yang dapat dikendalikan oleh seorang business owner Untuk menjadikan organisasi bisnis jadi kuat, orang orang dalam organisasi harus terus belajar dan tumbuh. Pertumbuhan organisasi sejalan berbanding lurus dengan peningkatan kapasitas individunya Ada 5 kuasa sistem yg harus dikendalikan yaitu *1. SDM* tidak ada sdm yang ada ditempat kerja namun tidak jelas apa hasilnya. *2. Promotion* promosi adalah aktifitas vital dan jantungnya bisnis. Produk yang hebat, berkualitas dan berdaya saing, akan jadi produk yg sia sia jika tak dipromokan dengan tepat kepada marketnya. *3. Financial* sistem keuangan jadi tolak ukur bisnis. Inti dari bisnis adalah uang yang dihasilkan. Jadi musti melek financial agar bisa menerapkan strategi bisnis kedepannya. *4. Daily Operation* operasional bisnis harian sudah tersistem dengan baik, sehingga tak perlu seorang

Matrix Eisenhower by Kulwap with Coach Rio

Assalamualaikum wr wb Dah jam 20.12... Maaf terlewat Ini matrix Eisenhower Tentang Mendesak dan Penting Ada yang bisa bantu jelaskan? Baca matrix nya Matrik 1 berarti melakukan kegiatan yg penting dan mendesak. Matrik 1, yg penting dan mendesak jd harus lgsg dilakukan Matrik 2, penting tapi ga mendesak tetapi hrs direncanakan Matrik 2 biasanya kegiatan jangka lbh pjg penting utk dilakukan tp tdk mendesak Ayo.. dilanjut penjelasannha Matrik 3, ga penting tapi mendesak. Jadi bisa didelegasikan Matrik 4, ga penting dan ga mendesak. Jadi ntar dl dikerjainnya 😬 Contohnya pekerjaan yang ga penting dan ga mendesak apa coach? Bukan kah ada baiknya gausa dipikirkan toh ga guna juga. Contohnya spt balas chat yg gak ada hubungannya dg bisnis ya coach? Ini bisa menjadi pemetaan pengalihan kewenangan diorganisasi Misal jilatin materai buat bikin invoice😀😀 Ini kan yang saya maksud gausa dipikirin dan gaada guna? Kenapa kita harus letakan di matrix ke 4 Ok.. kita masuk ma