Langsung ke konten utama

Blue Ocean Strategy by Kulwap with Coach Rio

Malam ini kita berbicara cara mengembangkan pasar... Dengan konsep *Blue Ocean Strategy*

*Blue Ocean* ini memiliki konsep dasar _value innovation_, yang akan mengalihkan dunia mu kepada dunia ku, 

Eh.. mengalihkan persaingan yang berdarah darah menjadi biru ...
_value innovation_ tidak selalu bicara tentang inovasi teknologi, bisa juga berupa peningkatan keuntungan bagi pelanggan.
Sehingga kompetisi itu bukan untuk dimenangkan, namun sudah tidak relevan lagi
*ingat ya... Value innovation*
Ada 2 pendekatan dalam menciptakan value innovation ini, *pertama* penghematan cost dan *kedua* membuat *buyer value* dengan meningkatkan atau menciptakan elemen baru yang belum ditawarkan pesaing
Translate please
Ada yang bisa translate? Bantu yuk
Itu saya ambil di google gambarnya
Ini merupakan keterangan bebas dari gambar yaaa
 BOS itu singkatan apa ya Pak Rio? The cornerstone of BOS
Blue ocean strategy
Lanjut yaaa
01/02/18, 20:33 - Im Rio: Nah.. penerapan blue ocean ini adalah dengan mengetahui market kita

Note : Current Market (CM), Tier (T)
CM adalah pasar kita saat ini, pasar yang menjadi langganan kita, ini harus kita rawat, kita jaga. 

Bagaimana merawatnya?

Ini PR nya
 Di bikin gambar kaya gitu jg coach PR nya ?
 adalah Tier 1 (T1), yaitu calon konsumen yang sudah kenal produk kita, tahu manfaat namun belum beli produk kita. 

Bagaimana strategi inovasinya?

PR lagi
Tier 2 adalah customer yang membeli produk di pesaing kita, padahal kita jual.
Tier 3 adalah market yang belum kenal produk kita dan tidak tau produk pesaing, dikarenakan tidak butuh.
Nilai inovasi - dasar dari BOS
- Nilai inovasi menempatkan penekanan yg seimbang terhadap nilai dan inovasi
- Nilai inovasi adalah cara baru untuk berfikir dan melaksanakan strategi yg menghasilkan pembetukan sebuah blue ocean (segitiga yg biru, kayaknya)
- pembentukan blue ocean adalah bagaimana  mengarahkan biaya agar turun dan mengarahkan nilai naik untuk pembeli sekaligus.
Dalam menerapkan dari Blue Ocean Strategy ada 4 tahapan yang harus dilakukan dengan benar :
1. Buyer utility yang merupakan keuntungan atau kepuasan luar biasa yang dirasakan pembeli
2. Price, harga yang ditawarkan dengan memberikan value tadi, apakah masih dapat dijangkau oleh market.
3. Cost, dengan harga jual yang masih terjangkau market, apakah menghasilkan profit 
4. Adoption, adaptasi apa saja yang harus kita lakukan, baik internal maupun external sehingga hambatan hambatan dapat diatasi
01/02/18, 20:58 - Im Rio: Di penerapannya, ada 4 kunci action agar keluar dari persaingan dan memberi nilai tambah yaitu 
1. Eliminate (hilangkan)
2. Reduce (kurangi)
3. Raise ( dinaikkan)
4. Create ( ciptakan )
Apa yang di eliminate, faktor faktor yang ga penting, yang hanya jadi beban produksi, bahkan sebenarnya ga ada juga ndak apa apa
Reduce dengan mengurangi namun tidak mengurangi kwalitas
Raise adalah menaikkan value produk, sehingga menarik konsumen
Akhirnya, Create untuk menciptakan apa value innovation yang sangat menarik pelanggan namun tidak ada standart di produk ini
Paham ya? Atau bingungπŸ™πŸ»
Coach mau tanya. Maksudnya adaptasi apa ya? Pada point 4
: Adaptasi terhadap perubahan yang telah kita lakukan
Kalo Strategy Canvas adanya dimana coach?
Itu adoption or adaptation?
Oh adaptation atas eleminatr reduce dan raise yang kita lakukan ya?
 Hahahah iya iya. Ada 2 ya
Salah ketikπŸ™„
Kan kita meng adopsi perubahan kedalam bisnis kita, maka perlu meng adaptasi perubahan tersebut baik internal maupun eksternal
Contoh riil please...teorinya kurang membumi, jd roaming nih πŸ™ˆ
Bisnis model canvas?
Wait.. sabar..  kita bedah satu satu
Kalo menurut sy... blue ocean strategy adlh menciptakan New Demand, New Oportunity dan menaikkan profit. Yg org lain ga kepikiran. 
Bener ga coach?
Coach Rio: πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€
Diena ADAM: Inti BOC adalah Persaingan Bisnis jadi ngga berlaku lagi buat bisnis kita, no kompetitor, tapi adakah cth riil bisnis yg benar2 seperti itu? apa contohnya?
Coach Rio: Yes
Ya benar
Sehingga persaingan tidak lagi relevan
 Ada. Misalnya... sy punya koleksi mobil2 tua.. daripada ga kepake dan jd cuma koleksi doang. Mobil sy, sy sulap jd restoran. Jd para pecinta mobil2 tua bisa makan masakan yg cozzy banget diatas mobil tua sy. Jelas Pricenya lebih beda karena para pecinta mobil tua merasakan sensasi baru makan di resto yg mereka hobby kan.

Bener kah?
Benar selama tak ada yang bermain disana dan market membutuhkan
 Untuk nieche market ...yes itu berlaku
Tapi kompetisi sekundernya tetap ada, restoran lain dgn konsep yg berbeda
Apakah strategy ini bisa lgs dterapkan utk bisnis pemula( baru memulai)?
 Kalau di dunia keuangan, ada ambil uang ga pakai kartu namun pakai hp
 Yang NISP keluarin kalau ndak salah
CiMB rek ponsel
Oh ya.. cimbπŸ™πŸ»

Iya.. masing masing mengeluarkan blue ocean nya.. dengan harapan customer mempunyai value lebih
Pada awalnya dia blue ocean
oach mau tanya
Kalau semua mengeluarkan blue ocean nya bagaana?
Nah jd contoh riil BOS apa yg masuk saat ini?
 Ingat ya... Blue ocean itu ndak selamanya.. dia akan menjadi red ocean
01/02/18, 21:21 - Diena ADAM: Nah itu maksudnya...adakah yg benar2 long life BOC? πŸ˜ƒ
Intinya di momentum
Krn BOC hanya strategi
Akankah bisnis cuma menjadi trend saja?
Ic
 Ya ga ada... Pada saatnya pesaing akan masuk ke pasar..
Itulah gunanya inovasi
 Ingat kurva S?
Life cycle product?
 Apa tu kurva S?
Di LN ada sebuah resto..org bebas makan. Tapi resto ga nge charge dari makanan apa yg dia ambil. Ngecharge nya dari berapa lama waktu dia berada di resto tersebut. 😁
Pada titik ini sudah paham ya?
Lanjut...
Nanti dibahas ya...jgn sekarang
 lanjut jg..
Iya juga ya. Kafe2 jaman kini cuma beli kopi tapi nongkrongnya seharian
Bagus model bisnisnya
 Ok, sekarang kembali ke blue ocean tadi
CM, T1, T2 dan T3
 Tugas kita, berikan inovasi di tiap market itu.
 Rawat, Raih, Rebut, Rayu
Ini strategy bahasa awamnya
CM : Rawat
T1 : Raih
T2 : Rebut
T3 : Rayu
: Semoga bahasanya jadi membumiπŸ™πŸ»
 Generasi milenial sukanya apa?
Sukanya narsis2... cari duit dari dunia sosmed. 😁
 Ini disebut BOS? Or hanya d poin T2?
 BOS
Mau bisnis nya apa dengan target generasi milenial?
Yg berbau penampilan. Makin trendy, makin kinclong...
Pangsa pasar muslim generasi millenial besar banget kayaknya
 Berapa jumlah penduduk Indonesia dengan range usia segitu?
 Cek ke bps.go.id
 PR nya adalah strategy apa yang akan diterapkan untuk pasar CM, T1,T2 dan T3
Strategy kok 1.. gagal langsung KO
Memang dalam siklus marketing, paling gampang adalah menyuruh orang beli lagi
Namun untuk ekspansi pasar, harus berani mengambil pasar pesaing, Karena pesaing pun menginginkan pasar kita
Jd Piro?
100 bisa?
Min dah brapa?
Min 5
Jadi ada 3 PR ya...  

Kalau ndak mampu, dari CM, lanjut T1, T2 dan T3
Intinya, jangan lengah untuk ekspansi pasar
Strategy ini kemarin dipakai oleh pak haji @6281380970323 buat di *qurbanation*.. dan sukses

 Untuk Travel, silahkan diperdalam... Jangan main di ceruk yang berdarah, padahal modal pas pasan
Iya. Karena red ocean adalah pasar yang pemain besar bermain. Capital sangat dominan disini, branding dll.
Besok kita bahas eisenhower matrix ya...
Sehingga ketika sudah di red ocean, kita bisa leading.. tapi diawalin di blue ocean
Tetap dipikirkan sebagai bagian strategy agar comprehensif
erasa bingung, merasa susah belajar, merasa ga bisa

ini afirmasinya 

tarik nafas dalam2 lewat hidung, buang sekuatnya lewat mulut X3

tersenyum, lalu ucapkan:

-saya bisa, saya pasti bisa, 

-saya akan mencoba, saya pasti mencoba, 

-saya berhasil, saya pasti berhasil, 

-saya akan mengevaluasi, saya akan terus memperbaiki

boleh pilih salah satu, atau semuanya, boleh digabung dengan kata2 yang lebih relijius

do it, rasakan bedanya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

9 Pilar Bisnis by Kulwap with Coach Rio

9 Pilar Bisnis by Kulwap with Coach Rio 9 Pilar bisnis terdiri dari : 1. omset 2. Kepuasan pelanggan 3. kinerja (sdm) 4. Cost 5. Organisasi 6. Leadership 7. Business owner mentality 8. Spirituality 9. Human dignity Penjelasan : Apakah itu omset? Omset adalah target pendapatan dari penjualan yang kita lakukan. Omset merupakan *Goal Setting* yang harus clear dan jelas berapa yang mau kita capai dari bisnis yang kita jalani Kedua adalah *kepuasan pelanggan* yang merupakan customer kita. Dimana pelanggan harus mempunyai rasa puas setelah menggunakan produk kita. Bahkan kalau bisa, melebihi ekspektasinya Ketiga adalah Kinerja ( SDM ). Jadikan kinerja sebagai basis penilaian terhadap sdm yang kita miliki, bukan berdasar lamanya waktu dia bekerja namun. Keempat adalah cost, yang harus kita tekan seminimal mungkin agar jalannya bisnis dan keuntungan bisnis lebih banyak Logikanya, kalau cost ditekan, walau omset tetap, namun profit akan meningkat. Point 1 sampai 4 adalah

Sistem dan Kuasa Bisnis Owner by Kulwap with Coach Rio

Malam ini, ada materi yang ringan.. Tentang Sistem dan Kuasa Bisnis Owner *Pertama kita bahas kuasa sistem* Ada 5 kerangka sistem yang dapat dikendalikan oleh seorang business owner Untuk menjadikan organisasi bisnis jadi kuat, orang orang dalam organisasi harus terus belajar dan tumbuh. Pertumbuhan organisasi sejalan berbanding lurus dengan peningkatan kapasitas individunya Ada 5 kuasa sistem yg harus dikendalikan yaitu *1. SDM* tidak ada sdm yang ada ditempat kerja namun tidak jelas apa hasilnya. *2. Promotion* promosi adalah aktifitas vital dan jantungnya bisnis. Produk yang hebat, berkualitas dan berdaya saing, akan jadi produk yg sia sia jika tak dipromokan dengan tepat kepada marketnya. *3. Financial* sistem keuangan jadi tolak ukur bisnis. Inti dari bisnis adalah uang yang dihasilkan. Jadi musti melek financial agar bisa menerapkan strategi bisnis kedepannya. *4. Daily Operation* operasional bisnis harian sudah tersistem dengan baik, sehingga tak perlu seorang