Langsung ke konten utama

Sherli bersama @EOSeminar di Grup WA Success People

Bismillah

Dari beberapa bisnis saya ternyata bisnis EO ini yang paling indah mudah dan berkah

Apa indahnya? bisa akrab sama idola kita, banyak untung nya

Kenapa bisa dibilang mudah? Hampir tanpa modal uang, kerja nya sebentar paling 1-2 bulan

1-2 bulan persiapan sehari paling kerja 1 jam

Kerja full nya cuman di hari H

Apa berkahnya? Ini khusus buat EO seminar dan EO dakwah, kita kebagian amal jariyah dari ilmu yg diajarkan di seminar seminar kita

Tidak disarankan buat EO hiburan, dosa jariah yg bakal jadi hasilnya

Apa sih EO itu? Kawan kawan dah pada tau pasti. EO itu kegiatan perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan sebuah acara

Plan your job, do your plan

Klo punya skill EO bisa jadi daya ungkit buat bisnis kita yg lain juga

Kerjaan EO versi saya 90% perencanaan dan persiapan. Pelaksanaan cuma 10%

Tugas berat EO ada di perencanaan dan persiapan. Jual tiket, cari peserta, cari sponsor, cari gedung dll

Ini di event pertama dan kedua aja biasanya

Nanti database vendor sponsor dan peserta akan terbentuk. Sisanya kita bisa by phone aja

Klo urusan kerjaan di hari H biasanya saya bayar orang buat running acara

Biar kita bisa santai menikmati acara yang kita rancang....ahay

Undang pembicara kan buat berbagi ilmu, masa kita nggak kebagian ilmu di hari H nya karena sibuk. Kan sayang

Ada 3 hal yang penting dalam Sebuah event

1. Ide
2. Team
3. Doa
1+2+3= sukses

Ide ( indah di eksekusi)

Nggak semua ide bagus. Untuk mendapatkan ide bagus perlu beberapa ide jelek

Ide bagus adalah ide yg punya nilai jual

Disini letak utama yg bisa menyebabkan sebuah event rugi

Ada juga yg punya nilai jual tp dari perhitungan bisnis berat di kantong calon audience

Contoh mario teguh... fee nya terlalu berat buat di jual di Banjarmasin. Pak jamil fee profesional nya juga berat untuk di jual ke public

Nanti ada teknik buat nego fee pembicara

Back to ide

Kesalahan EO biasanya nafsu ingin memenuhi kebutuhan si EO bukan kebutuhan pasar

Yg ke 2 TEAM
Orang orang di dalam TEAM berpengaruh besar dalam keberhasilan sebuah acara

O iya untuk ide saya punya standar riset sendiri

TEAM persiapan nggak boleh lebih dari 8 org

Sedikit tp efektif

Klo event mahasiswa team nya bisa nyampe 60 org πŸ˜„

Liat yg lain nggak kerja yg rajin ikut ikutan males

TEAM ada leader, marketing, finance, dan produksi

Dan yang paling penting adalah DOA, mau sekomersil apapun idemu, sehebat apapun team mu. Bila Allah nggak berkenan maka semua bisa runyam

Kesimpulan nya EO seminar/ EOdakwah itu indah mudah berkah.
Rumus EO
Ide + team + Doa = sukses

Saya yakin teman teman disini banyak yg kepengen jd EO

Cuman nggak berani action karena ada ketakutan atau asumsi yg dibuat buat padahal fakta nya mudah

Segitu dulu ya
@EOSeminar
---------------------------------------------------

Tanya Jawab / T & J :

T1. Itu yg kalo gratis brrti biaya ny dr mna mas ? Dr sponsor full ??

J1. Sponsor, investor, atau donatur

T2. Kl panitia cuma 8 org itu apa tugasnya cuma koor kmdn mencari anggota utk menjalankan acara?

J2. *Akunting bikin budgeting mas dan kelola keuangan sehemat mungkin

*Marketing jualan tiket, cari peserta dan cari sponsor donatur

*Produksi yg bikin bikin backdrop pasang spanduk bikin gate bikin panggung dll

*Leader memastikan semuanya berjalan dengan baik

T3. Kalau Honor NaraSumber boleh tau ga berapa?

J3. Beda beda mas muslih fee nya

T4. Donatur dan investor ?? Ada sop ny kh atau gmn mas?

J4. *Donatur artinya sumbang duit buat acara
*Investor setor duit buat dapat untung
Donatur buat acara acara amal biasanya, kalau Investor bagi hasil dan bagi rugi

T5. Pernah rugi ?
J5. Pernah sampe 60 jt

T6. Pnyebabnya EO rugi apa mas ?? Menutupi kerugiannya bagaimana?
J6. Menutupi kerugian pakai duit didalam kantong
** Penyebab kerugiannya team marketing nggak berjalan bagus
** Bisa jd salah harga atau salah ide
--- Cuma EOseminar dan dakwah nggak ada istilah rugi, kareba Klo pun rugi duit kita masih ada untung akhirat.

T7. Ohya kok bisa ya tim marketing slah harga atau slah ide brrti tim marketing gk meeting dlu sma tim yg lain ya mas ? Team Marketing ga bisa jualan banyak....Mungkin?

J7. Bisa lah mas. Apalagi klo masih dalam tahap belajar EO
-- Dulu rugi besar persiapan dan perencanaan saya percayakan ke org lain karena acaranya dikota lain

T8.  Cara menumbuhkan ide + team gmna?

J8. Ide bisa dari tema dulu, artis nya dulu, atau kebutuhan nya dulu, Cara paling mudah liat acara booming dikota lain

T9. mau tanya pak ..
apa modal utama untuk jadi EO mas?

J9. Keberanian, Klo belum berani buat acara sendiri coba tawarkan diri jd panitia di acara orang lain, Yg mau belajar EO yuk praktek langsung sama saya

T10. Gimana melobi pemateri sesuai budget kang?

J10. Nego aja langsung begitu dapat penawaran
--Klo blm cocok tahan dulu acaranya
--TunΔ£gu sampe sang pembicara yg perlu EO
--Misalkan pas baru launching buku, Murah tuh, Saya sering dpt pembicara gratisan

T11. Saya jadi berminat ikut eo yg menuai amal jariyah, tapi pengalaman benar-benar 0 besar πŸ˜…

J11. Semua ahli dimulai dari titik nol, Apapun bidangnya

T12. Cara ngitung htm nya gmn? Semau kita aja ya...

J12. Dari budgeting, Nanti ketemu htm

T13. Mas, awal mula terjun ke bisnis eo darimana?

J13. Event pertama saya seminar 7KR mas masjid ke masjid sama ustadz abdulhaque,, 5 masjid + 1 kampus uniska dulu... Saya ketinggalan masa masa booming 7KR makanya buat sendiri disini

T14. Untuk memiliki database pembicara cara nya gimana mas?

J14. Database pembicara sekarang mudah di dapat mas biasanya di pajang cp di profil twitter mereka

T15. Di mulai dari hati ya mas Kiki....heee...

'Ingin' saja tdk cukup tp hrs berani eksekusi ya mas Kiki....?

J15. Betul, Berani dan punya perhitungan juga lebih lengkapnya

T16. kalau kultur daerah yg orang2nya mau hadir seminar kalau gratis, berarti mesti kuat di nego sponsor ya Mas?

J16. Ada beberapa faktor mba widah
-- Mungkin mereka nggak terlalu perlu sama tema acara, nggak begitu nge fans sama artisnya juga
-- Klo bikin anggaran bikin tanpa sponsor dulu, Klo pun berhasil dpt sponsor anggap bonus

T17. Mas, efektif mana Seminar yg ratusan orang dibandingkan training yg dibatasi 20-30 orang yg htm nya 10x lipat dari htm seminar?

J17. Itulah penting nya ide tadi. Klo nggak punya nilai jual susah cari peserta. Kaya seminar seminar instansi pemerintahan peserta yg hadir malah dikasih duit
--- Efektif dari sudut pandang EO jual mahal yg dilayani sedikit

+++

Jadi EO itu harus betul - betul paham produk yang dijual, benefit, kelebihannya..

Yakin aja, berapapun harga yang ditaroh, selalu ada pembelinya. Tinggal kita aja yang nyari pembelinya.

:-)

EO itu sungai kekayaannya banyak.. Ada sungai yang lebih besar ketimbang sungai publik.. hasil dan dampaknya besar, tapi kerjanya sedikit dan lebih nyante.. :D

Jadi EO itu bisa menempuh 2 jalan :

1. EO Diri Sendiri >> Yang dijual yang diri sendiri
2. EO Orang Lain >> Yang dijual ya orang lain

Tinggal milih aja.. masing2 ada kekurangan dan kelebihannya.. :-)

tapi prinsipnya .. jadi EO harus siap untuk kecil - kecil an dulu .. dulu banget awal mulai EO in produk jasa saya sendiri .. saya jual training saya di bawah 100 ribu .. sekarang alhamdulillah udah di kepala 2 per ngisi .. prosesnya itu loh, asyik banget :D

nah.. itu enak banget dah, diajak sama mas kiki.. jadi tim beliau aja, pasti banyak yang bisa dipelajari :-)

+++

T18. Acara gratisan biasanya ada yg memback-up dananya, atau diperhitungkan di event workshopnya. Free acara seminarnya utk ditawarkan ke acara workshopnya. Jadi perhitungannya secara menyeluruh kah?

J18. Ada sponsor atau investor dan donatur bisa gratis mas

T19. Soal ide td standar risetnya apa saja mas?

J19. Standar riset saya google trend dan seberapa sering nama sang artis disebut di media social dari orang orang di kota tempat acara

T20. Tadi ada pertanyaan, kalau WO apa sama dengan PO?

J20. WO bukan bidang saya. Mas mario bisa jawab. Di WO kadang ada permintaan klien yg bertentangan dengan apa yg kita percaya makanya saya nggak mau garap

T21. Tanya: selama menjadi EO acara apa yang paling berkesan dan apa bentuk acaranya?

J21. Acara yg paling berkesan festival muslimah mulia bersama dewi sandra mas 😘😘😘

T22. Mas kiki langkah awal apa utk buat EO?? Trus tipe yg cocok utk jd tim kita kayak gimana??

J22. Langkah awal buat EO keberanian mas
-- Dulu saya pendekar solo kerja sendirian πŸ˜„
-- Latihan aja dulu jd team orang lain klo blm berani buat event sendiri

T23. Mas Kiki mentor bisnis EO nya siapa?

J23. Mentor saya Ayah saya, Ternyata beliau EO secara tidak langsung saya sadari setelah tau lifesigns

T24. Tnya : mas kiki kalau EO seminar besar kaya gtu sya suka terkendala jual tiket?itu tipsnya gmn?
Kalau untuk kerja kyknya q setipe sama mas rio pengn kerja cpt slsai tpi orng yg kita percaya kadng suka lambat

J24. Susah jual tiket karena jualannua di tempat yg salah, Bagai jualan tasbih di depan diskotik

T25. Berarti salah target market gtu mas kiki? menemukan target market yg tepat gmn mas?
Sama terkendala sponsor mas?

J25. Cari dimana target market  biasa berkumpul
-- Sponsor susah didapat karena: kemampuan nego, ide acara kurang menarik, dan pengisi acara kurang terkenal
-- Klo artis besar yg didatangkan kita yg nolak nolak sponsor
-- Saran bagi EO pemula bikin acara yg wah langsung sekalian meriah...investasi di awal buat raih database peserta dan database sponsor
-- Klo sdh kenal baik tinggal bbm dana turun
-- Curi perhatian sponsor dengan artis besar. Mereka yg rengek rengek minta ikut serta biasanya

T26. Mas kiki,,itu EO seminar,,bisa tanpa modal?? masa sih??? ksh contoh kasus dong,,

J26. Pernah dengar tiket presale? Itu buat dp in artis gedung dan sebagainya, jadi duit dikantong hampir nggak kepake

Komentar

Postingan populer dari blog ini

9 Pilar Bisnis by Kulwap with Coach Rio

9 Pilar Bisnis by Kulwap with Coach Rio 9 Pilar bisnis terdiri dari : 1. omset 2. Kepuasan pelanggan 3. kinerja (sdm) 4. Cost 5. Organisasi 6. Leadership 7. Business owner mentality 8. Spirituality 9. Human dignity Penjelasan : Apakah itu omset? Omset adalah target pendapatan dari penjualan yang kita lakukan. Omset merupakan *Goal Setting* yang harus clear dan jelas berapa yang mau kita capai dari bisnis yang kita jalani Kedua adalah *kepuasan pelanggan* yang merupakan customer kita. Dimana pelanggan harus mempunyai rasa puas setelah menggunakan produk kita. Bahkan kalau bisa, melebihi ekspektasinya Ketiga adalah Kinerja ( SDM ). Jadikan kinerja sebagai basis penilaian terhadap sdm yang kita miliki, bukan berdasar lamanya waktu dia bekerja namun. Keempat adalah cost, yang harus kita tekan seminimal mungkin agar jalannya bisnis dan keuntungan bisnis lebih banyak Logikanya, kalau cost ditekan, walau omset tetap, namun profit akan meningkat. Point 1 sampai 4 adalah

Sistem dan Kuasa Bisnis Owner by Kulwap with Coach Rio

Malam ini, ada materi yang ringan.. Tentang Sistem dan Kuasa Bisnis Owner *Pertama kita bahas kuasa sistem* Ada 5 kerangka sistem yang dapat dikendalikan oleh seorang business owner Untuk menjadikan organisasi bisnis jadi kuat, orang orang dalam organisasi harus terus belajar dan tumbuh. Pertumbuhan organisasi sejalan berbanding lurus dengan peningkatan kapasitas individunya Ada 5 kuasa sistem yg harus dikendalikan yaitu *1. SDM* tidak ada sdm yang ada ditempat kerja namun tidak jelas apa hasilnya. *2. Promotion* promosi adalah aktifitas vital dan jantungnya bisnis. Produk yang hebat, berkualitas dan berdaya saing, akan jadi produk yg sia sia jika tak dipromokan dengan tepat kepada marketnya. *3. Financial* sistem keuangan jadi tolak ukur bisnis. Inti dari bisnis adalah uang yang dihasilkan. Jadi musti melek financial agar bisa menerapkan strategi bisnis kedepannya. *4. Daily Operation* operasional bisnis harian sudah tersistem dengan baik, sehingga tak perlu seorang

Matrix Eisenhower by Kulwap with Coach Rio

Assalamualaikum wr wb Dah jam 20.12... Maaf terlewat Ini matrix Eisenhower Tentang Mendesak dan Penting Ada yang bisa bantu jelaskan? Baca matrix nya Matrik 1 berarti melakukan kegiatan yg penting dan mendesak. Matrik 1, yg penting dan mendesak jd harus lgsg dilakukan Matrik 2, penting tapi ga mendesak tetapi hrs direncanakan Matrik 2 biasanya kegiatan jangka lbh pjg penting utk dilakukan tp tdk mendesak Ayo.. dilanjut penjelasannha Matrik 3, ga penting tapi mendesak. Jadi bisa didelegasikan Matrik 4, ga penting dan ga mendesak. Jadi ntar dl dikerjainnya 😬 Contohnya pekerjaan yang ga penting dan ga mendesak apa coach? Bukan kah ada baiknya gausa dipikirkan toh ga guna juga. Contohnya spt balas chat yg gak ada hubungannya dg bisnis ya coach? Ini bisa menjadi pemetaan pengalihan kewenangan diorganisasi Misal jilatin materai buat bikin invoiceπŸ˜€πŸ˜€ Ini kan yang saya maksud gausa dipikirin dan gaada guna? Kenapa kita harus letakan di matrix ke 4 Ok.. kita masuk ma