Langsung ke konten utama

Sukses di dalam dan di Luar Rumah | KulWAp bersama Ibu LenggoGeni

Copas dari grup IIP :
Materi Kulwap
IIP Jakarta 02
Sabtu, 21 Maret 2015

🌸MENJADI IBU PROFESIONAL DIDALAM DAN DI LUAR RUMAH🌸

Nara sumber: LenggoGeni

Host: Farida
COhost: Yeni
Admin: Ety

Terima kasih kepada Host, dan terutama kepada Ibu Septi yang tentunya kita kenal semua. Salam kepada semua the chosen 99 professionals mom yang ber"saturday night" 1 jam bersama kita. Izinkan saya dengan keizinan-Nya menyampaikan secara ringkas berkaitan dengan topik yang diminta kepada saya dihadapan para ibu profesional yang ada jiwa dan cita-cita besar. Mengapa saya katakan di sini berjiwa besar dan bercita-cita besar? Sebab tanpa ada trigger ini maka mustahil rasanya kita akan sukses menjadi the best Mom di rumah dan di luar rumah. Ataupun di dalam keluarga dan di dalam perusahaan/bisnis/profesi.

Sebab kebanyakannya kita para ibu termasuk saya keteter dalam mengelola keluarga dalam rumah dan dalam dunia profesi kita. Saya ulangi lagi hanya yang ada jiwa yang kuat dan cita-cita yang tinggi yang ditanam kuat di dalam bathin kita yang mampu mengelola keteteran itu.

Ketika pertama kali saya dipertemukan dan kemudian dijodohkan dengan Halilintar maka sejak itulah tentang pengelolaan diri, keluarga, dan masyarakat, termasuk masyarakat profesi menjadi tumpuan perhatian sejak malam pertama  dan "malam-malam pertama" berikutnya yang senantiasa 'malam pertama" he..he..
Juga dalam honeymoon kami di seluruh dunia di negara mana pun yang mana berjalan dalam keadaan kami menjalankan profesi masing-masing.

Jadi seperti yg saya sebut dalam buku bahwa setelah pernikahan tidak ada waktu khusus utk honeymoon tapi dalam menjalankan profesi itulah honeymoon
Dan dalam ketika itulah yg menjadi perhatian kita adalah bagaimana kehidupan yg mana sebentar lagi akan direzekikan keturunan agar kita supaya kita sebagai calon orang tua yg terlebih dahulu menemukan jalan. Jalan apa? Tentunya jalan yg benar yg sering disebut sang suami, Halilintar,  sebagai mencari "which one is the one"

Jadi ini menjadi topik honeymoon kita. Yg lain sifatnya tambahan, misalnya pekerjaan, kemudian melihat negara2 yg kita kunjungi di seluruh dunia menjadi bahan penunjang dan tambahan utk menemukan jati diri menjelang dikaruniai anak

Jadi dengan kekuatan jiwa dan cita2 seperti itu menjadi dimudahkan diringankan untuk menikah ketika kuliah,  melahirkan anak pertama dan kemudian kedua menjelang sidang sarjana, sambil ketika itu sudah menjalankan bisnis di dalam dan luar negeri.

Setelah itu maka terlahirlah ketika berbisnis di brunei, ketika melihat perniagaan di malaysia, membuka networking di london dan kemudian transit di yordania juga utk membuka lagi bisnis di sana.

Ternyata dengan kekuatan jiwa seperti itu kehamilan,  menggendong bayi tidak menjadi halangan utk terus mengembangkan bisnis dan profesi kita.

Bahkan selama 11 kali kehamilan boleh dikatakan tidak pernah mengalami ngidam, yg ada mual yg tiada habisnya, berhenti ketika telah melahirkan.

🌸Sekarang masuk ke profesi anak2 di rumah🌸

 Yg mana anak2 itu adalah pelanjut kerja atau yg membantu dan bahkan menggantikan mengerjakan kerja2 ibu dan ayahnya di rumah.

Dari mulai memasak di dapur, mencuci pakaian, membersihkan rumah, mengasuh adik2 bahkan ada yg bayi, mereka berinisiatif bahkan berlomba2 utk mengerjakannya. Jadi sejak itu profesi kami di rumah sebagian besar sudah tergantikan oleh anak2.

Dari profesi rumah maka secara tidak kita duga profesi itu berkembang kepada profesi di dalam usaha.

Misalnya dari memasak anak itu berkembang menjadi proyek burger, cake, kemudian catering.

Dari mengurus pakaian di rumah berkembang menjadi mendesign pakaian hingga mempunyai brand sendiri dan menciptakan pasar pakaian yg juga menampung brand2 dr luar.

Dari proyek housekeeping dan bersih2 rumah dan halaman serta kendaraan berkembang menjadi proyek parking management yg tiap hari mereka mengelola ratusan kendaraan bermotor hingga punya staff.

Dari proyek teknisi dan maintenance rumah, berkembang jadi proyek jual beli gadget dan aksesoris, fotografi dan videografi sampailah mereka membuat karya video sendiri bahkan buku Kesebelasan Gen Halilintar itu, mulai dari editing, lay out, design, foto2 di dalamnya, menerbitkan, hingga mendistribusikan dilakukan oleh team kesebelasan.

Jadilah kami sekarang asalnya sudah 'terbebas ' dari profesi rumah tangga sekarang terbebas pula dari profesi dalam bisnis kalaupun tidak 100% sebagian besar sudah mereka yg mengelola di usia yg cukup dini. Dan sebab itulah akhirnya kami punya freedom of time utk mengembangkan lagi pembinaan insan di dalam rumah, seterusnya perusahaan, bahkan juga perusahaan2 lain di dalam dan luar negeri.

Seperti juga kami punya waktu untuk berdialog malam ini, sedangkan saya masih ada anak bayi.
Dan sebab itu jugalah kesebelasan itu terikut ke mana saja kami pergi, karena mereka sejak kecil juga adalah asisten2 kami dalam rumah, dalam pekerjaan dan dalam perjalanan. Jadilah mereka team ibarat sebuah kesebelasan. Hingga menjadi judul buku yg sedang ramai dibicarakan  sekarang ini.

Akhir sekali kami sampaikan bahwa ini bukan teori ini bukan kajian ilmiah, dan ini bukan thesis tapi ini adalah realita kehidupan yg kami lalui selama 22 tahun, makanya buku itu tidak ada referensinya, melainkan referensinya adalah kehidupan dan pengalaman, ternyata masyarakat pembaca apalagi masyarakat yg berjiwa besar dan bercita-cita besar seperti ibu-ibu yg 99 org ini apalagi ibu Septi, tentu melihat bahwa ini semua adalah "reality show" dalam kehidupan.  Memang itulah yg masyarakat inginkan sekarang ini, masyarakat sudah jemu dgn teori dan kajian ilmiah atau falsafah. Masyarakat dunia sekarang ini perlukan model.

Tapi bukan berarti kami mendabik dada sudah menjadi model tapi sedang berusaha ke arah itu setidak-tidak nya sudah ada cita-cita ke arah itu.

Sekianlah ringkasan yg tdk ada dalam buku.
Mohon maaf kl ada yg salah.

Kulwap kita malam ini disaksikan juga oleh full tim gen halilintar dan pak halilintar juga.

🌸Penutup🌸

Secara teknis apa pun yg kita lakukan di rumah dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi dijadikan latihan atau excercise untuk membina perasaan, pikiran, emosi, dan raga/fisik.

Kedua supaya esensi dan dasar kita kuat,  supaya lahir buah2 yg manis dan ranum, maka kami di rumah selalu dalam melihat, mendengar sesuatu, mengalami, naik turunnya kehidupan, dalam sakit, dalam rugi bisnis dalam untung, selalu kita connect kan dgn Yang Maha Pemberi itu.
Dialah yg menentukan naik turun, sehat sakit, untung rugi,
Jadi apa pun boleh berubah menjadi positif ataupun negatif tapi hubungan dengan Tuhan,  hubungan dengan sesama tidak boleh berubah. Bahkan kalau boleh positif dan makin positif.

Sekian dulu semuanya, sekali lagi mohon maaf. Mudah2an ada manfaatnya.

Mohon maaf juga khususnya kpd Bu Septi juga mbak Farida&mbak Yenny.
Serta seluruh 99 chosen professional Moms. Yang baik dari Tuhan, yg tidak baik dr kelemahan saya.
Pertanyaan2 lain silakan diemail atau di wa, dll

®CV Narsum®

My fav quote: "If anyone travel on a road in search of knowledge, God will cause him to travel on one of the roads of paradisr". The Prophet PBUH.
Halaman 100 buku Kesebelasan Gen Halilintar

Nama: Lenggogeni Faruk
TTL:  Rumbai,  29 October 1972
Pendidikan: FEUI angkatan '91
Suami: Halilintar Anofial Asmid
Menikah: 20 Maret 1993
Anak:
1. M. Attamimi Halilintar (Atta),
Enterprener muda, SMA homeschooling plus, owner Cafe The X Burger, franchise berbagai kuliner, tempat curhat para ortu, the peace maker.

2. Sohwa Mutamima Halilintar, Jakarta Selatan 25 April 1996. Editor buku "Kesebelasan Gen Halilintar..."
Owner n sales person. Admin officer. Laundry keeper. Singer wannabe. Passion in fashion. Writer. Photographer. Graphic Designer.

3. Sajidah Mutamimah Halilintar. The Faithful Kiddos. Jaksel 17 Juli 1997. Masterchef keluarga. Nursing brothers n sisters. CEO Butique.

4. M. Thariq Halilintar. Brunei 29-01-1999. CEO X Burger

5. Abqariyyah Mutammimah Halilintar. Yordania, 13 Juli 2000. Photographer.

6. M. Saaih Halilintar. Pulau Labuan (Malaysia), 16 Maret 2002. IT Maintenance Officer. Assistant CEO. Cameramen, Video Editor, Go Pro Big Fan. Personal Trainer Cilik di Fitness Center.

7. Siti Fatimah Halilintar. Jakarta 25-09-2003. Juara gambar. Brother sitter/pengasuh adik2.

8. M. Al Fateh Halilintar. Kuala Lumpur 25-02-2006. An Organized Boy. Housekeeping Officer. Little Therapist, massage. Hobi nge-gym.

9. M. Muntazar Halilintar. GenH Ambassador. 20-05-2008. Presenter.

10. Siti Saleha Halilintar. Jakarta, 01-10-2010. Model baju2 produksi mereka, singer, dancer.

11. M. Shalaheddien El-Qahtan Halilintar. The super hero. Jakarta 09-08-2012.


®PROFIL KELUARGA KESEBELASAN  GEN HALILINTAR®

Berikut profil mereka😊😍

🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸

11 kids  without baby sitter, without nanny, without maid. Orangtua dengan 6 putra dan 5 putri bekerja sama as a team organizing home like hotel yg ada: room service, house keeping, kitchen, laundry, etc.

Bahkan mereka sudah meneruskan perniagaan orangtua, mulai dari penjualan gadget, fashion wear, jual beli mobil, online market, sampai tour operator yang sedang terus berkembang.

Pergaulan mereka global, menembus usia, dan menembus negara. Orang dewasa pun curhat pergaulan anaknya sampai masalah rmh tangganya.

Kemauan belajar mereka sangat tinggi, sehingga tidak cukup sekedar regular school, ada homeschooling, ditambah lagi dengan School Of Mind yang kelas mereka luas tak terbatas sd kuliah di mancanegara.

Mereka pun terlahir di berbagai negara, sebab ayahanda Halilintar&ibunda LenggoGeni merupakan frequent traveller sambil berniaga ke seluruh dunia, dalam keadaan mengandung (pregnant traveller), menggendong (breastfeeding traveller), dan menggandeng (family traveller).

Berawal dari bagaimana mendapatkan jodoh yang baik, skala prioritas dlm mempersiapkan pernikahan, merasakan first night always and honeymoon forever hingga terbentuknya kesebelasan!

Sebuah pengalaman yang tak pernah diungkap secara terbuka, yang sudah menjadi rahasia 22 tahun perjalanan Halilintar dan LenggoGeni..tertuang dlm buku KESEBELASAN GEN HALILINTAR.

🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸

Sesi Tanya Jawab:

1⃣ bagaimana teknis mengkoordinasi dan mengurus 11 orang anak ini.  -Melati-
1⃣Teknis tergantung kepada dasar, kalau dasarnya sudah dapat dipahami dan dilaksanakan maka teknisnya jadi mudah.
Dasarnya adalah yg saya alami bersama suami, yaitu beliau mengajak dirinya, dan saya istrinya untuk mengkoordinasikan diri kita, terutama hati atau bathin kita ada 'perasaan' dengan Tuhan yang Maha Baik
Apa yg ditanamkan ini akan mempengaruhi terbentuknya benih, seterusnya janin yg terjadi dan kemudian lahirlah anak2
Kalau kita bahas teknis semata tanpa memberi perhatian 70% kpd DAsar ini, maka teknis tidak akan bisa berjalan sesuai dgn yg diharapkan
Jadi walaupun 1001 teknis dgn segala peraturan dalam rumah kemudian dengan sistem reward dan punishment tidak akan dapat berjalan baik tanpa adanya dasar yg mengakar, yg tidak bisa dibuat sekali sekali tapi continously,
Apapun yg dilihat dialami didengar dalam rumah tangga, ujian, nikmat, semua kaitkan dengan Tuhan
Dan ini ditanamkan  mulai dr diri kita sebagai orang tua, kemudian kpd semua anak2.
Dengan dasar yg mengakar ini maka sesungguhnya teknis sudah berjalan 70%
Jadi kalau nilai di sekolah 70 sudah lulus, tanpa berkutat di teknis
Apalagi kalau kita tambahkan dgn teknis yg canggih
Tapi teknis yg sederhana pun sudah membantu Mungkin jadi 80 or 90
Sayangnya sekarang orang sibuk dengan teknis, jadwal, lupa dgn yg dasar
Teknis secanggih mana pun nilainya baru 30, belum lulus di sekolah
Jadi dasar yg mengakar ini yg perlu ditanamkan betul2 kpd diri orsng tua baru kemudian kpd anak2
Sesungguhnya 70% sudah selesai✅

2⃣Bagaimana dg ayah halilintar yg sering berpergian ke luar negeri, bagaimana peran ayah ini di keluarga kalo sering tidak berjumpa dg anak2. Membangun kedekatan dll -Melati -
2⃣ Banyak orang sibuk dengan kuantitas pertemuan, sering bertemu atau jarang bertemunya, padahal kalau sering bertemu pun tapi tidak membangun dan membina insan antara orang tua dengan anak, hanya pertemuan yg sifatnya formalitas, bertemu sekedar melepas rindu, bertemu bercerita tentang keduniaan dan hal2 materiil, maka pertemuan sering pun tidak ada bekas utk perbaikan, baik perbaikan orang tua,maupun anak2 nya. Tapi ada orang tua mungkin bertemunya sekali2 saja, tapi kualitas pertemuan itu sangat membekas tanpa batas, ketika orang tuanya pergi pun, anak2 masih terasa bersama orang tuanya. Pengajaran dan didikan orsng tuanya masih terasa
Apalagi kalau pertemuannya sering dan berkualitas tentu hasilnya sudah tentu lebih luar biasa
Jawaban ini yg tdk ada dalam buku.
Yg lainnya secara lebih detail ada dalam buku ✅

3⃣gmn caranya menggali potensi anak,pdhl anknya byk bgt?
-Rika -
3⃣Kembali lagi potensi mesti didahului dengan esensi.
Kalau kita sibuk dengan potensi tapi lupa dgn esensi maka potensi pun tidak akan maksimal.  Sesungguhnya potensi akan lebih terlihat bahkan jelas dan nyata sekiranya kita menangani esensinya
Potensi itu ibarat buah tentu kita menginginkan buah yang manis dan ranum, tapi buah kan ada rantingnya,dahannya,  batang dan akarnya, itulah esensinya, silakan direnungkan.  KAN aneh seorang petani sibuk memikirkan buah, bagaimana buah bisa manis dan ranum tapi tdk memikirkan bagaimana ranting,dahan, batang serta akarnya, tanahnya, dan pupuknya utk menyuburkannya
Silahkan direnungkan ✅

4⃣gmn klo cara berpikir pasangan qt yg gak sepaham dg qt,pdhl kan di depan ank,qt hrs keliatan kompak?
-Rika -
4⃣ Sepaham mesti didahului dengan selaras. Selaras mesti didahului oleh kasih sayang
Kasih sayang mesti didahului oleh keyakinan
Jadi binalah keselarasan antara pasangan dalam berbagai hal yg bisa diselaraskan
Kemudian tumbuhkan kasih sayang yg berdasarkan keyakinan yg sama, yg sama2 kuat, yg sama2 besar, otomatis akan terjadi kesepahaman dengan pasangan
Ini yg gak ada dalam buku
Yg dalam buku dalam bab soulmate  ✅

5⃣Bagaimana tips merawat kesehatan fisik dan mental termasuk kebugaran tubuh sebagai seorang istri dan ibu dari 11 anak ?
-Siti mashunah -
5⃣Kebugaran raga adalah salah satu kebugaran saja. Ada 3 lagi kebugaran yg kita lupakan,  yg ketiganya menentukan kebugaran jasmani/fisik yg kita sebutkan tadi
1. Kebugaran emosional. Berkaitan dengan pengelolaan nafsu dalam diri
Nafsu cenderung mengajak kita kpd kejahatan dan keburukan
2.kebugaran pikiran yg berkaitan dgn akal yg mesti diisi dengan ilmu yg sehat dan bermanfaat
3. Kebugaraan perasaan ataupun kejiwaan yg berkaitan dgn hati yg mesti diisi dengan keyakinan yg tepat dan jitu
Maka secara otomatis akan terjadilah kebugaran fisik
Jadi di sini Pak Halilintar mengajarkan bukan mensana in corporesano tapi sebaliknya
Dalam jiwa yg sehat akan lahir raga yg sehat😊

www.ibuprofesional.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

9 Pilar Bisnis by Kulwap with Coach Rio

9 Pilar Bisnis by Kulwap with Coach Rio 9 Pilar bisnis terdiri dari : 1. omset 2. Kepuasan pelanggan 3. kinerja (sdm) 4. Cost 5. Organisasi 6. Leadership 7. Business owner mentality 8. Spirituality 9. Human dignity Penjelasan : Apakah itu omset? Omset adalah target pendapatan dari penjualan yang kita lakukan. Omset merupakan *Goal Setting* yang harus clear dan jelas berapa yang mau kita capai dari bisnis yang kita jalani Kedua adalah *kepuasan pelanggan* yang merupakan customer kita. Dimana pelanggan harus mempunyai rasa puas setelah menggunakan produk kita. Bahkan kalau bisa, melebihi ekspektasinya Ketiga adalah Kinerja ( SDM ). Jadikan kinerja sebagai basis penilaian terhadap sdm yang kita miliki, bukan berdasar lamanya waktu dia bekerja namun. Keempat adalah cost, yang harus kita tekan seminimal mungkin agar jalannya bisnis dan keuntungan bisnis lebih banyak Logikanya, kalau cost ditekan, walau omset tetap, namun profit akan meningkat. Point 1 sampai 4 adalah

Sistem dan Kuasa Bisnis Owner by Kulwap with Coach Rio

Malam ini, ada materi yang ringan.. Tentang Sistem dan Kuasa Bisnis Owner *Pertama kita bahas kuasa sistem* Ada 5 kerangka sistem yang dapat dikendalikan oleh seorang business owner Untuk menjadikan organisasi bisnis jadi kuat, orang orang dalam organisasi harus terus belajar dan tumbuh. Pertumbuhan organisasi sejalan berbanding lurus dengan peningkatan kapasitas individunya Ada 5 kuasa sistem yg harus dikendalikan yaitu *1. SDM* tidak ada sdm yang ada ditempat kerja namun tidak jelas apa hasilnya. *2. Promotion* promosi adalah aktifitas vital dan jantungnya bisnis. Produk yang hebat, berkualitas dan berdaya saing, akan jadi produk yg sia sia jika tak dipromokan dengan tepat kepada marketnya. *3. Financial* sistem keuangan jadi tolak ukur bisnis. Inti dari bisnis adalah uang yang dihasilkan. Jadi musti melek financial agar bisa menerapkan strategi bisnis kedepannya. *4. Daily Operation* operasional bisnis harian sudah tersistem dengan baik, sehingga tak perlu seorang

Matrix Eisenhower by Kulwap with Coach Rio

Assalamualaikum wr wb Dah jam 20.12... Maaf terlewat Ini matrix Eisenhower Tentang Mendesak dan Penting Ada yang bisa bantu jelaskan? Baca matrix nya Matrik 1 berarti melakukan kegiatan yg penting dan mendesak. Matrik 1, yg penting dan mendesak jd harus lgsg dilakukan Matrik 2, penting tapi ga mendesak tetapi hrs direncanakan Matrik 2 biasanya kegiatan jangka lbh pjg penting utk dilakukan tp tdk mendesak Ayo.. dilanjut penjelasannha Matrik 3, ga penting tapi mendesak. Jadi bisa didelegasikan Matrik 4, ga penting dan ga mendesak. Jadi ntar dl dikerjainnya 😬 Contohnya pekerjaan yang ga penting dan ga mendesak apa coach? Bukan kah ada baiknya gausa dipikirkan toh ga guna juga. Contohnya spt balas chat yg gak ada hubungannya dg bisnis ya coach? Ini bisa menjadi pemetaan pengalihan kewenangan diorganisasi Misal jilatin materai buat bikin invoice😀😀 Ini kan yang saya maksud gausa dipikirin dan gaada guna? Kenapa kita harus letakan di matrix ke 4 Ok.. kita masuk ma