Langsung ke konten utama

#JAMUOnline #JUMATInsting Telegram #STIFInNetworks

Sudah pernah #TesSTIFIn? Yuk Gabung ke Kounitas SuperGroup #STIFInNetworks di Telegram,
silakan Japri via Telegram ke 0878-8692-5765

Ini adalah RESUME #JAMUOnline | JAMU=JAring ilMU di Hari #JUMATInsting bersama Mas Yayat Ibnu Hamid, Pemilik Bisnis JasKoko.id

Kamu belum #TesSTIFIn? Yuk Tes #STIFIn kamu sekarang, silakan hubungi #PromotorSTIFIn via kontak 0878-8692-5765 atau bisa juga via E-mail ke promotorstifinjakarta@gmail.com

========================================================================

Assalamu'alaykum

Terimakasih buat kakak moderator yang keceh super,udah ngasih kesempatan waktunya buat sharing di jumat insting.
Mudah mudahan sharingnya nanti bermanfaat..

Sebelumnya perlu perkenalan dulu gak nih? Hehe
Perkenalan dulu aja ya,Biar saling sayang,Λ†Λ†
Maklum saya lebih ke sebagai silent reader,pasti banyak yang bertanya2 siapa sih saya..
Nama saya Yayat ibnu hamid,kelahiran tahun 87 dan Orang Asli dari perancis (peranakan ciamis)

Sebuah penghargaan bagi saya ngisi sharing jumat insting di group luar biasa ini,ditengah2 orang super luar biasa juga,.

Sesama insting insyaalloh udah sama sama tau ya,kalo insting tuh orangnya gak tegaan,sukarelawan gitu lah,hehe
Jadi kalo bisnis kebanyakan pada rela relaan,keuntungan materi itu nomor 2,,merasa gitu kan temen temen insting?
Tapi bisnis ya bisnis,untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan,bedakan dengan sosial.

Sebenernya ini nilai plus sih buat insting,karena sifat gak tegaan nya ini kalo dikolaborasikan dengan bisnis,insyaalloh bisnisnya berorientasi meraih keuntungan dunia akhirat dengan niat berbagi manfaat dengan sesama,bukan sekedar mengejar kekayaan semata.

Sebelum lanjut,saya sedikit cerita dulu tentang salah satu penyebab bangkrutnya bisnis pertama saya

Salah satu penyebab nya itu karena jarang berbagi,,baik berbagi dalam keuntungan maupun berbagi pengalaman.
Saya mulai jualan itu tahun 2007,,mengalami bangkrut pada tahun 2010 dengan meninggalkan hutang ±280juta.
Dan sekarang alhamdulillah udah menjalani kembali bisnis dalam bidang yang sama baju muslim dengan brans JASKOKO.
Ada yang udah tau apa itu jaskoko?

Sejak bangkrut di bisnis pertama,saya banyak introspeksi diri,kenapa dan apa sih yang bikin semuanya hancur?

Dari sekian lama merenung,barulah bisa ambil kesimpulan,kalo bisnis pertama saya itu mungkin SALAH NIAT,dan ternyata Alloh berikan saya hadiah kebangkrutan itu merupakan kasih sayang Alloh agar saya merubah niat dan mulai lagi dari awal dengan niat yang baru.

Niat pertama hanya untuk menjadi orang kaya dan menumpuk2 harta,biar dihormati orang banyak,menyombongkan diri,puas jalan jalan keliling dunia,dan masih banyak mimpi lainnya yang semuanya hanya kedunia-an.

sbnrnya itu bukan insting banget ya.
Ya gitu lah,faktor lingkungan yang memaksa seorang insting menjadi orang lain pada dirinya sendiri.

Setelah ambil pelajaran dari pengalaman itu,bismillah saya mencoba bangkit dengan merubah niat.
Niatkan bisnis untuk menebar manfaat,menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain,dan bisnisnya pun menjadi bisnis yang bermanfaat,agar bisnis bukan sekedar bisnis,tapi bisnis yang membawa kita masuk SyurgaNYA kelak,aamiin.

sehingga orientasi kita dirubah menjadi ukhrowi,meraih Syurga.

Pernah dengar pepatah ini belum?
Kejarlah sumber cahaya (matahari) jangan mengejar bayangan.
Dengan mengejar matahari,bayangan kita pun akan mengikuti kita dengan sendirinya..kalo mengejar bayangan,gak dapet dua duanya,bayanganya lari,matahari juga menjauh.

Pepatah itu bisa diartikan matahari sebagai Akhirat,dan bayangan sebagai dunia.
Apabila kita mengejar akhirat maka dunia dengan hina akan berlutut menghadap kita,tapi apabila kita mengejar dunia,dunia lari dan akhiratpun menjauh.

Nah...Bagaimana merealisasikan bisnis bermanfaat ini,yang orientasinya meraih SyurgaNYA?

-Berbagi manfaat dengan berbagi keuntungan.
-Berbagi manfaat dengan menjadikan bisnis sebagai wasilah membantu orang mendapatkan penghasilan tambahan,
-Berbagi manfaat dengan menjadikan wasilah bagi yang ingin Umroh.

Bahas yang berbagi keuntungan dulu ya temen temen,,
Berbagi keuntungan ini yang dimaksud adalah berbagi keuntungan dengan reseller,tidak lagi pelit dalam memberi keuntungan,tidak lagi memegang prinsip "menekan biaya sekecilnya dan meraup untung sebesarnya".
Yang dulunya memberikan keuntungan pada reseller atau orang yang terlibat dengan bisnis kita itu hanya sedikit,skrg minimal keuntungan nya sama bahkan keuntungan reseller lebih besar daripada saya sendiri.



Untuk poin 2 dan 3 nya..menjadikan wasilah orang lain mendapatkan penghasilan dan umroh bisa dibaca2 disini aja ya www.bit.ly/resellerjaskoko hehe
Berkat orientasinya akhirat ternyata benar dunia malah datang kepada kita dengan bertekuk lutut..

Saya ambil contoh dengan endorse produk ya

Tahun 2013 atau 2014an sy lupa...
Gak sengaja saya dapat link yutub film dakwah cinta subuh..
Pada tau kan film pendek ini?

Karena saya suka dengan filmnya dan ada unsur dakwahnya juga,,akhirnya saya ngeshare link film ini ke reseller jaskoko..

Dan reseller juga banyak yang ngeshare tanpa saya suruh sih.
Mungkin broadcast yg saya share ini nyampe lah ke tim nya cinta subuh yang akhirnya tim cinta subuh mengajak saya untuk bergabung dalam pembuatan film ke 2 nya dengan jaskoko jadi wardrobe nya

Tak disangka..berawal dari situ jaskoko banyak dikenal juga.
Bahkan tanpa disangka juga kemaren ketemu sama tim event meet n greet film KMGP "ketika mas gagah pergi" di acaranya cinta subuh

Dan langsung menawarkan jaskoko bergabung dengan tim event meet n greet KMGP untuk menjadi wardrobe nya Masaji..
Gak direncanakan dan ini bener2 kejutan

Lebih terkejut lagi ketika tim inti KMGP bersedia menjjadikan jaskoko partner..
Seharusnya bada jumat tadi saya meeting dengan tim KMGP..tapi qodarulloh dpt kabar paman meninggal akhirnya saya batalkan janji ketemu sm tim KMGP,dan reschedule

Mungkin cukup itu dl dr saya..
Maaf kl aa yg kurang difahami

Maaf jg konidis sinyal yang malu2 jadi agak kurang konek nih hehe...
Kalo ada yg mau ditanyain boleh silahkan...biar lebih membedah dr pertanyaan aja ya


PERTANYAAN:
1) Mas Yayat bisa sharing kah, manfaat yg mas Yayat rasakan setelah Tes STIFIn sama waktu belum mengenal konsep #STIFIn?
Menurut Mas Yayat, manfaatnya setelah tau mesin kecerdasan STIFIn kita itu apa aja mas?

2) Apa impian terbesar Mas Yayat dalam hidup ini?

3) Katanya kemistrinya orang #Insting itu BAHAGIA, kalau boleh tanya, hal apa sih yang membuat Mas Yayat merasa bahagia?

4) cara bimbing reseller yang udah ratusan itu gmana caranya y? biar ttp semangat trs.
Kalo semisal reseller qt baru sedikit, kalau dibikin kompetisi, reward punishment gtu kan g seru. Itu gmana siasatnya y mas?

5) Assalamu alaikum. Menurut mas Yayat, yang menjadi penghalang orang gagal berbisnis itu apa selain niat yg gak bener? Kemudian kira2 gmn trik berbisnis masing2 MK??? Terima kasih😊

6) a.  Mas bisnis itu kalo mau maju (katanya) musti bangkrut dulu, begitu ga menurut pandangan Mas gimana?

6) b. Kebetulan saya pernah bisnisnya bangkrut, cuma puluhan juta kok hilangnya, kalo Mas Yayat lebih keren.. rugi ratusan juta. Konon makin banyak rugi makin cepet bangkitnya bisnis itu. Hehe..
Waktu itu karna banjir tiba2 ke toko, dan barang2 termasuk elektronik pada raip.
Kalau masalah ikhlas, insyaAllah diikhlaskan..
Hanya yg juga penting itu kan mengambil hikmahnya ya Mas. Boleh ada masukan Mas supaya semua itu berujung berkah..? Boleh juga masukan2 praktisnya harus melakukan apa2 saja..

7) Kapan mas Yayat tau ttg STIFIN & pd akhirnya memutuskan utk tes STIFIN?

8) Apa arti dari nama brand produk mas yayat? JASKOKO? idenya dari mana?

9) Meninggalkan hutang sbanyak itu saat bangkrut dlm bisnis, hmpir kebanyakan org pasti mengalami down, apakah mas juga mengalaminya? Jika iya, berapa lama rentang waktunya sampai mas memutuskan memulai bisnis dari awal lagi dg niat yg lebih baik? & hal2 apa saja yg mas lakukan saat masa transisi itu utk kembali bangkit memulai bisnis baru?

10) Gimana cara nempatin posisi karyawan baru, padahal mereka blm tes stifin?
Klo semua harus di tes cost nya lumayan juga

11) sbg orang insting gimana kiat mas yayat utk berbisnis dan dpt profit besar namun tetap bahagia sesuai passion
 Sebab ini salah satu kendala yg sering dihadapi pebisnis insting

12) Assalamu'alaikum... Mas yayat udh punya pasangan hidup blooom πŸ™ˆ? Apakah pasangannya Thinking πŸ™ˆ??


JAWABAN:
1.manfaatnya banyak mas..minimal saya jadi tau siapa yang harus saya jadikan rekanan mas.

Orang seperti apa yang ditaro diposisi2 tertentu.
Skrg admin saya semuanya udah tau mesin kecerdasannya mas dan alhamdulillah kami jadi tim yang solid dan saling mendukung

Kalo dulu..salah satu sebab kehancuran bisnis pertama saya juga karena sy gak fokus,semua ditangani sendiri karena insting emang serba bisa ya..setelah gabung stifin jadi berfikir lebih jernih apa yang harus dilakukan dan siapa yang harus dipercayakan untuk job tertentu

2.Impian terbesar saya..
Pengen membangun sekolah gratis.
Belum kesampaian mba hehe.

Tapi jangka pendek ini,,besok maret saya pengen umroh sama ibu saya..bulan2 kemaren tertunda karena ibu saya sakit paru2 sehingga harus dirawat dan blm bisa perjalanan jauh.
Selagi sempat semoga bisa terlaksana.minta doanya juga ya temen2.

3.yang membuat saya bahagia ketika saya melihat orang bahagia dengan perantara tangan saya..

4.cara membimbing reseller..
Awalnya saya pegang group nya sendiri temen temen..
Yang baru puluhan saya bimbing dari awal.

Setelah ratusan saya bagi2 tugas dengan tim saya.
Dan reseller bagi kami itu asset yg sangat berharga sekali.sehingga reseller ini kami anggap keluarga bukan orang lain lagi.
Mereka lebih banyak bekerja drpd kami yang dikantor,,sehingga wajar jika mereka mendapatkan keuntungan lebih besar depd tim jaskoko sendiri

5. Selain niat..yang bikin bisnis saya bangkrut diantaranya:
1.sombong
2.pelit
3.gak percayaan sama org lain untuk memegang 1 job..pokoknya harus saya sendiri yg pegang..
4.mencampur adukan duit bisnis dan peibadi
5.pengen cepet kaya tanpa mau sabar usaha.
Dan jauh dari Alloh itu salah satu penyebab inti bangkrut.

6.menurut saya sih mau sukses tanpa gagal mba..karena kegagalan besar itu berawal dr kegagalan2 kecil dan kesuksesan besar itu berawal dr kesuksesan2 kecil yang terkumpul

Tapi kegagalan ini adalah pembelajaran kita.jgn sampe kita masuk ke lobang yg sama kan
Nah biar kita gk alami kegagalan yang pernah dialami org lain,,kita belajar dr pengalaman org lain

7.tau stifin 2tahunan yg lalu,,persisnya lupa hehe.
Kenapa ikut tes stifin..awalnya sekedar pengen tau..setelah di tes saya gencar mempromosikan sm org2 terdekat..hehe

8.kenapa namanya jaskoko.
Karena produknya baju koko ke jas-jas-an hehe
Jas itu konotasinya ekslusif..begitupun dg jaskoko ini pengen diarahin ke baju koko yang ekslusif..begitu kira2

9.down pasti mas..
Saya cm bisa nangis dan diem d kamar aja gk berani keluar kamar..hehe

Awal bangkitnya karena bertemu dg org yg sedang menanggung utang 7M tapi dia masih bisa senyum2..
Akhirnya sy berfikir..dia yg utang 7M aja masih optimis hidup kok saya putus asa..dr situ mulai merenung dan mencoba bangkit.
Bagian ini kisahnya panjang mba/mas...kl ada jodoh bertemu insyaalloh saya smapekan detailnya hhee

10.karyawan baru semua saya posisikan CS mba..dr situ sy melihat sedikit2 sikapnya dll nya..
Krn sedikitnya sy tau stifin sy bs mengira2 ini orang MK apa..
tapi ketika mau dipindahin ke posisi penting pasti saya tes dulu mba.hehe

Tapi terlepas dr itu..saya biasanya mendahulukan apa kata hati,,dan selalu libatkan Alloh (istikhoroh).

11. profit besar dan bahagia itu cara saya..
Libatkan lebih banyak orang.
Lebih banyak yang merasa manfaat kan akan lebih bahagia..
Keuntungan lainnya dg melibatkan lebih banyak orang adalah pastinya lebih banyak yg mendoakan.

Tips lainnya..
Jangan posisikan insting di bagian pemasaran,,kl kita insting minta tolong orang lain buat pegang bagian pemasaran.hehe
Joint sama orang lain bukan hanya dg cara gaji ya..kl sy berbagi hasil aja,persentase siatemnya.

12. alhamdulillah saya udah punya pasangan hidup didunia dan semoga sampai di syurga..
Aamiin


KALIMAT KECE:
Tak ada daya dan upaya kecuali atas pertolonganNYA.

Dan


Jangan sombong..apa yang kita dapatkan bukan hasil karya kita..tapi semua karena Alloh yang berikan untuk kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

9 Pilar Bisnis by Kulwap with Coach Rio

9 Pilar Bisnis by Kulwap with Coach Rio 9 Pilar bisnis terdiri dari : 1. omset 2. Kepuasan pelanggan 3. kinerja (sdm) 4. Cost 5. Organisasi 6. Leadership 7. Business owner mentality 8. Spirituality 9. Human dignity Penjelasan : Apakah itu omset? Omset adalah target pendapatan dari penjualan yang kita lakukan. Omset merupakan *Goal Setting* yang harus clear dan jelas berapa yang mau kita capai dari bisnis yang kita jalani Kedua adalah *kepuasan pelanggan* yang merupakan customer kita. Dimana pelanggan harus mempunyai rasa puas setelah menggunakan produk kita. Bahkan kalau bisa, melebihi ekspektasinya Ketiga adalah Kinerja ( SDM ). Jadikan kinerja sebagai basis penilaian terhadap sdm yang kita miliki, bukan berdasar lamanya waktu dia bekerja namun. Keempat adalah cost, yang harus kita tekan seminimal mungkin agar jalannya bisnis dan keuntungan bisnis lebih banyak Logikanya, kalau cost ditekan, walau omset tetap, namun profit akan meningkat. Point 1 sampai 4 adalah

Sistem dan Kuasa Bisnis Owner by Kulwap with Coach Rio

Malam ini, ada materi yang ringan.. Tentang Sistem dan Kuasa Bisnis Owner *Pertama kita bahas kuasa sistem* Ada 5 kerangka sistem yang dapat dikendalikan oleh seorang business owner Untuk menjadikan organisasi bisnis jadi kuat, orang orang dalam organisasi harus terus belajar dan tumbuh. Pertumbuhan organisasi sejalan berbanding lurus dengan peningkatan kapasitas individunya Ada 5 kuasa sistem yg harus dikendalikan yaitu *1. SDM* tidak ada sdm yang ada ditempat kerja namun tidak jelas apa hasilnya. *2. Promotion* promosi adalah aktifitas vital dan jantungnya bisnis. Produk yang hebat, berkualitas dan berdaya saing, akan jadi produk yg sia sia jika tak dipromokan dengan tepat kepada marketnya. *3. Financial* sistem keuangan jadi tolak ukur bisnis. Inti dari bisnis adalah uang yang dihasilkan. Jadi musti melek financial agar bisa menerapkan strategi bisnis kedepannya. *4. Daily Operation* operasional bisnis harian sudah tersistem dengan baik, sehingga tak perlu seorang

Matrix Eisenhower by Kulwap with Coach Rio

Assalamualaikum wr wb Dah jam 20.12... Maaf terlewat Ini matrix Eisenhower Tentang Mendesak dan Penting Ada yang bisa bantu jelaskan? Baca matrix nya Matrik 1 berarti melakukan kegiatan yg penting dan mendesak. Matrik 1, yg penting dan mendesak jd harus lgsg dilakukan Matrik 2, penting tapi ga mendesak tetapi hrs direncanakan Matrik 2 biasanya kegiatan jangka lbh pjg penting utk dilakukan tp tdk mendesak Ayo.. dilanjut penjelasannha Matrik 3, ga penting tapi mendesak. Jadi bisa didelegasikan Matrik 4, ga penting dan ga mendesak. Jadi ntar dl dikerjainnya 😬 Contohnya pekerjaan yang ga penting dan ga mendesak apa coach? Bukan kah ada baiknya gausa dipikirkan toh ga guna juga. Contohnya spt balas chat yg gak ada hubungannya dg bisnis ya coach? Ini bisa menjadi pemetaan pengalihan kewenangan diorganisasi Misal jilatin materai buat bikin invoiceπŸ˜€πŸ˜€ Ini kan yang saya maksud gausa dipikirin dan gaada guna? Kenapa kita harus letakan di matrix ke 4 Ok.. kita masuk ma