Langsung ke konten utama

Sharing Online bersama @AndrySalim di Grup WA Success People

Sharing Online bersama @AndrySalim
Selasa, 6 Oktober 2015
Via Grup WhatsApp SUCCESS PEOPLE

Moderator : @MRezzaHakiki
Resume oleh: Nur Islama Diena @MompreneurID

Salam kenal teman-teman semua. Nama saya adalah Andry Salim. Saya pengarang buku The Internet Millionaire yang menjadi best-seller nasional di toko buku Gramedia. Pengalaman saya di dalam dunia online sudah 13 tahun dan berbagai proses untuk sukses secara online sudah saya lewati.

Hari ini, izinkan saya sharing sedikit mengenai bagaimana caranya membangun asset secara online.

Bagi teman-teman disini, tentu saja Anda tahu, jikalau property (rumah/apartement/tanah/ruko/gedung) itu merupakan salah satu asset dalam dunia offline yang dapat memberikan passive income jikalau kita tahu bagaimana caranya. Misalnya Anda bisa membangun kost-kostan atau menjalankan bisnis tersistem dimana profitnya dapat memberikan Anda passive income setiap bulannya.

Pertanyaannya adalah bagaimana cara melakukan hal yang sama dalam dunia online? Bagaimana cara membangun asset bisnis Anda secara online? Gimana carnaya membangun asset yang bisa memberikan Anda passive income setiap bulannya?

Salah satu caranya adalah dengan membangun TRIBES..

Apa sih itu TRIBES?

TRIBES adalah sekumpulan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama, dapat saling berkomunikasi dan memiliki sosok otoritas di dalamnya (harapannya itu Anda).

Contoh TRIBES adalah fans aktif dari Lady Gaga yang namanya Little Monsters.

Contoh tribes yang lain adalah fans Apple.

Apa efek dari memiliki tribes ini? Simple..

Pertanyaan saya: Ketika Lady Gaga membuat lini bisnis baru di bidang parfum atau baju? Kira-kira siapa yang akan jadi pembeli yang aktif? Lalu siapa yang akan menyebarkan produk tersebut ke teman-temannya yang lain? Dengan bangga promosi di social media?

Tentu Anda tahu jawabannya bukan? Tribesnya.

Sama juga dengan Apple. Setiap kali launching produk baru, orang bahkan rela menginap 1 hari sebelumnya di depan toko Apple hanya untuk mendapatkan versi terbaru dan dengan bangga mengatakan hal tersebut di social media serta menjadi viral ke satu dunia.

Efeknya tentu di sales adalah bombastsis.

Trend ini pun semakin berkembang di dunia internet.

Contohnya:
http://inet.detik.com/read/2015/02/18/090014/2836254/398/berkat-youtube-gadis-cantik-ini-mampu-beli-rumah-rp-19-miliar

Zoe Sugg dengan sharing bagaimana caranya ber-make-up yang cantik mampu menciptakan assetnya dan membeli rumah senilai Rp. 19 milyar di usia 24 tahun.

http://www.indogamers.com/read/19/06/2015/10941/penghasilan-pewdiepie-dalam-setahun-akan-membuat-anda-tercengang-/

PewDiePie dengan sharing kekonyolannya bermain game dengan follower 37 juta subscriber memiliki penghasilan 4 juta dollar atau 53 milyar rupiah.

Dan masih banyak lagi contoh-contoh mereka yang membangun asset onlinenya. Ada yang menggunakan youtube, email, facebook, instagram, twitter maupun social media lainnya.

Nah gimana cara perhitungannya untuk profit? Favorit saya adalah menggunakan contoh email list (database) aktif.

Contoh serti ini: Untuk promosi secara online, Anda memilih mempromosikan produk informasi senilai $47 dimana Anda bisa mendapatkan komisi 75% atau setara dengan $35 per sales (Ya, hal tersebut memungkinkan secara online).

Kalau Anda memiliki email list aktif sebanyak 10.000 email maka ini perhitungan matematisnya dengan asumsi 5% akan membeli produk yang Anda tawarkan.

Profit = 5% * 10.000 * $35 = $17.500,-

Itu dengan catatan bahwa Anda mengirimkan email 1-2x saja ke email list Anda atau ke TRIBES Anda setiap bulannya.

Seiring dengan waktu, ketika Anda terus membangun asset Anda ini, tentu saja penghasilan Anda bisa naik lebih tinggi. Asumsikan bahwa tahun depan, Anda berhasil menaikkan database Anda menjadi 20.000 email maka penghasilan Anda naik 2x lipat dan seterusnya.

Bagaimana kalau angkanya sudah sampai jutaan seperti PewDiePie? Tentu saja penghasilannya bisa milyaran rupiah. Bahkan PewDiePie belum maksimal dalam memanfaatkan assetnya. Kalau saya PewDiePie tahu bahwa ada jalur lain untuk monetizing tribesnya seperti menjual games sebagai affiliate ataupun membuat lini produknya sendiri.. hasilnya bisa berkali-kali lipat lagi.

Itulah caranya Anda membangun asset secara online.

Saya sendiri membangun dan testing di dalam niche yang paling sulit yaitu niche internet marketing di tahun 2014. Di tahun 2014, saya mulai exist secara online dan membangun asset ini. Ternyata hasilnya.. saya berhasil juara kompetisi affiliate 6x di tahun 2014-2015. So, it works :)

Walau sebelumnya dengan teknik yang sama, saya gunakan untuk mengumpulkan orang sampai 5000 orang di seminar bersama dengan Pak James Gwee sekitar beberapa tahun lalu

Nah, saya sendiri pun sedang membangun komunitas dari orang-orang ingin sukses di dunia online. Termasuk juga dalam membangun UKM di Indonesia dengan membentuk sebuah platform marketplace yang mempertemukan keduanya.

Komunitas itu bernaung di platform marketplace ONstore.co.id

Hasilnya tentu saja luar biasa. Perkembangan ONstore sebagai marketplace sangat menggembirakan. Banyak para associate telah memiliki penghasilkan jutaan hingga puluhan juta setiap bulannya. Padahal, bisnis ini sendiri baru di launching 3 bulan lamanya.

ONstore sendiri memiliki banyak fitur keuntungan seperti penjualan barang-barang fisik, digital sampai ke travel dan pulsa nantinya.

Ke depannya visi dan misi ONstore akan banyak membantu para partner kami menjadi sukses baik associates sebagai reseller ONstore ataupun supplier kami sebagai penyedia barang di ONstore.

Dengan bergabung ke dalam komunitas ini, kita bisa saling belajar, memiliki platform untuk berkarya dan tentu saja sukses bersama.

Tentu saja hari ini, saya bukan ingin sharing mengenai ONstore namun internet marketing secara luas. Saya membicarakan ONstore sebagai salah satu studi kasus yang saya lakukan dalam dunia realnya untuk membentuk TRIBES yang solid dan profitable untuk setiap pihak yang terlibat di dalamnya. Ini konsep TRIBES+

 Intinya, jangan cuma pikirkan quick cash. Mulai bangun asset Anda! Salah satunya dengan membentuk tribes Anda sebagai asset online Anda.

Sementara itu dulu sebelum di lanjutkan nih.. kalau kebanyakan nanti pada muntah semua hahaha.. :D

Kalau mau belajar basicnya juga boleh. Saya berikan guide gratis di website saya http://imacademy.co/guides/

atau Anda bisa membeli buku The Internet Milllionaire yang ada di Gramedia kalau ingin belajar detail soal tribes.

Dengan profile yang sama, saya sekali blast email dan tulis status 2x, sudah teruji... bisa menghasilkan komisi sekitar 40-50 jutaan :)

---
Sesi Tanya Jawab:

Klau baru action dan blm punya email list aktif 10.000. Yg sederhana dulu bgaimna kira"?

paling sederhana ya mulai di bangun tribesnya..

bangun tribes itu gak harus selalu menggunakan email. Anda bisa start dari BBM, WA atau berbagai macam alat komunikasi lainnya.

Selalu mulai dari give value, sesuatu yang bermanfaat untuk komunitas Anda lalu setelah itu baru sisipkan juga dengan jualan Anda.

bagaimana menentukan sebuah tribe itu bisa menghasilkan atau tidak? bisa saja tribe itu berisi orang yang sukanya gratisan?

 Rekomendasi Anda sebagai seorang "otoritas" yang di percaya, hasilnya pasti bagus

Tribes itu selalu bisa menghasilkan.. cuma masalahnya monetizingnya aja yang perlu di pikirkan.. :)

contoh ya... banyak yang bilang market 4l4y itu gak bisa di monetize
nyatanya... kalau tahu offer ynag cocok untuk mereka... selalu bisa koq di monetize

Apa itu maksudnya monetizing pak?

saya berikan sample ya.. contohnya ada website cliponyu di Indonesia.. Banyak yang tidak tahu kalau ini ada offernya.. mereka yang signup dari hasil referensi kita, kita bisa mendapatkan uang sebesar $0.1

walau kecil.. tapi kalau tiap hari Anda dapat signup sampai 2000-3000 orang kan lumayan :)
dan itu memungkinkan..
monetizing itu adalah cara untuk menghasilkan uang

Jadi lebih efektif akun personal atau akun toko ? tpi kalau di suruh buat lagi susah nyari orang :D

keduanya sama efektifnya sih

contoh Apple menggunakan Brand tapi ada sosok disana yang di jual yaitu si Steve Jobs dan penerusnya saat ini

kalau saya kebetulan contohnya langsung personal
yaitu sosok saya sendiri.. namun saya sendiri punya tribes di market wanita.. :)

leadernya adalah sebuah "avatar" atau pen name yang saya buat bersama team...



 *NurislamaDiena.com: Autoresponder nya pakai apa Pak yg recommended utk pemula?
: Utk list building email

aweber.com, getresponse.com cukup friendly.. berbayar
$15 per bulan.. sangat murah di bandingkan dengan apa yang bisa Anda hasilkan dari list tersebut, cuma perlu di perhatikan juga.. Anda bisa start dari BBM list, WA, Instagram, Line

gak harus selalu email.. yang terpenting adalah jalur komunikasi yang bisa tercipta antara Anda dan tribe members, dan kalau bisa antara sesama member

salah satu teman saya berhaisl membangun tribes dengan BBM listnya yang ada 10 BBM total 20 ribu orang... jualan property sampai 3M habis dalam waktu 3 menit.

---

Success people ini bagian dari tribes nggak pak?
yaps.. success people ini bagian dari tribes pastinya.. tribesnya mas Reza.. dan ini salah satu cara yang bagus untuk maintenance tribes member.. :)

---

Tips untuk list building e-mail bagi pemula skala UKM Pak?

 list building email buat skala UKM kalau berat.. Anda gunakan BBM dulu saja. BBM itu salah satu marketing tools yang sangat efektif untuk promosi di Indonesia

---kalau rekor saya pribadi cuma dapet 350 juta pas jualan kelas online.. sold out 100 seats dalam waktu 2 hari. No cost promotion. Hanya melalui tribes saja.
tapi ya lumayan.. karena all profits jadinya seperti itu

-----

 Menumbuhkan tribes itu sering posting kegiatan ato promo jualannya ?
 lebih banyak posting hal yang bermanfaat.. ingat bagi setiap orang adalah.. What's In It for me... berikan value, benefits.. lebih sering ke sini.. buat mereka memperhatikan Anda.. kaya Anda lagi mo nyari pacar aja.. :D

---

 Menumbuhkan tribes itu sering posting kegiatan ato promo jualannya ?
lebih banyak posting hal yang bermanfaat.. ingat bagi setiap orang adalah.. What's In It for me... berikan value, benefits.. lebih sering ke sini.. buat mereka memperhatikan Anda.. kaya Anda lagi mo nyari pacar aja.. :D nanti pas jualan.... diterima deh.. dan hasilnya bagus

---

 Pak Andry akun LINE@ nya apa?
aku sendiri ga nge-LINE.. lebih suka main di FB dan WA sih... cuma jualan pake line juga hahaha

---

Saya mau tanya, selain google adword/trend... apalagi ya yg bagus buat nentui konten yg lagi dicari2 di dunia maya.

kalau content sih saya lebih suka nyari yang viral...

biasanya nyontek situs berita aja Pak.. terus lihat berita apa yang lagi HOT.. terus tingkat sharenya berapa...

terus di buat artikel versi saya sendiri..
jaminan viralnya tinggi.. :)

 bagaimana menjaga tribe kita pak? agar mereka tidak lari atau lupa dengan kita?
 @Pak Arief: Keep giving value.. kaya pacaran aja... Anda kasih perhatian tapi dengan content yang bermanfaat

 Tingkat share yg bagus bisa diukur pak Andre? Misallan lebih dari 1000? ☺
gak ada ukuran sih.. intinya semakin banyak semakin bagus.. salah satu artikel yang saya sadur pernah di share sampai 13000 kali. Hasilnya ya trafficnya super kenceng :)

 Tips utk copywriting yg mengahsilkan efek viral, adakah tips n trik-nya Pak?

 copywriting itu sebetulnya masalah simple sih..
tergantung penggunaannya
 kalau buat cuma shares dan efek viral, kasih yang penasaran-penasaran aja.. jadi hanging... kaya sinetron itu paling pinter lakukan itu.. giliran ending di kasih teng teng.. bersambung... ~_~
salah satu yang saya sering gunakan sebagai funnel yang sering di sharing itu lewat FB... kasih link artikel web saya di FB.. terus kasih yang penasaran gitu...
 Contoh: Solusi Ini Ternyata Membuat Seorang Jombloh Bisa Dapat .....
Yang Jomblo wajib baca ya...
 udah.. gitu aja jadi viral itu
...pada penasaran nge-klik semua
..  nah bikin iklan murah dan engagement tinggi ya gitu caranya.. ;)

 Mas andry bsa d ksh cntoh berita yg hot sperti ap yg prnah bapak jdikan artikel sndri versi bapak..
contoh ya.. soal politik
 bicarakan Pak Ahok yang kontroversial
 saya tinggal lihat aja di detik.com berita mana yang paling populer dari Pak Ahok
 lalu saya sadur dan sesuaikan dengan kebutuhan "niche" saya
contoh dia marah-marah soal buruh minta naik gaji terus..
ya saya kalau punya blog soal wirausaha..
saya buatkan artikel ini.. sadur.. tambahkan sedikit insights saya untuk enaknya berwirausaha.. kalau lagi mo jualan, di sisipkan sedikit jualannya... hihihi
 hasilnya ya viral :)
 *NurislamaDiena.com: Pakai voice ya Pak Andry? Kayaknya un-typing nih bales chatnya πŸ˜€
pake web.whatsapp.com ini wkwkwkw ngetiknay di laptop :) makanya kemarin pas laptop rusak.. gak bisa deh.. ampun share langsung dan jawab di 4 group sekaligus

Adakah tips supaya bisa konsisten membangun konten yg bermanfaat pak Andry?
atw, kalo kitanya ga bisa rutin sharing konten yg bermanfaat, adakah rekomendasi dimana mencari jasa blogger freelance yang bisa konsisten sharing artikel bermanfaat?
@Muhammad Ayi: Cuma perlu kerelaaan hati atau outsource aja.. biasanya artikel sih saya gak abis waktu sampai 10-15 menit karena sudah terbiasa sih.. paling 1 hari satu max atau kalau saya sibuk bisa 3 hari sekali juga ga apa-apa..
kalau orang-orang tidak paham IM, justru sasaran paling enak.. karena kita soft selling pun dia gak berasa sama sekali.. ga ada preseden buruk.. dan malah happy aja di tawarin barang :D

 Bagaimana mengetahui perilaku atau sikap triber pak?
@Pak Awal: paling gampang.. survey
saya suka bikin survey online gratisan untuk tanya ke tribes member saya
 apakah mereka senang, butuh apa saja contentnya, apa yang ingin lebih banyak sharingnya.. terus produk apa yang mereka butuhkan
 berapa harga yang mereka siap bayarkan..
dari situ ketahuan semua malah..

dan tinggal buat produk yang mereka mau.. dah pasti guarantee.. sales pasti ada.. :)

 Itu cntoh nya bpak share d fb lalu d link kn k blog bapak gtu ya..?
yaps.. betul
terus kalau mau gain traction.. ya iklankan itu :)
FB postnya..

 Berhubung msh gaptek ni,,mo nany bgmna cara dasar utk mengumpulkan email sbgtu bnyk?😊
ngumpulin email gampang sih.. caranya banyak.. offline dari tukeran kartu nama sampai online di promo banyak keluar
salah satu cara promo onlinenya adlaah dengan memberikan ebook gratis atau pelatihan gratis atau benefit lainnya dengan cara mereka harus memasukkan email mereka
contohnya kaya yang saya lakukan di http://imacademy.co/guides/

Pak saya mau yanya dong
Gmna sih cara memperkenalkan marketplace baru?

 Karna kita juga sudh tau bnyak sekali marketplace yg sudh lebh dewasa dan lebh di percaya

@Adam : gak sulit sih.. marketplace ONstore aja kita trafficnya sudah cukup lumayan. Walau banyak kompetitornya... prinsip di ONstore dengan tribes sebetulnya gampang
ibaratnya kita lagi mau lawan gajah.. tapi dengan ratusan ribu hingga jutaan semut nantinya...
yang menang siapa.. tar kita lihat saja :)

Untuk 1-2 tahun kedepan medsos apa yg masih jadi andalan buat jualan mas?
@Aditya : Line, FB, Instagram.. stick with that for now

Untuk iklan nya pak, bgus ny d sisipkan d artikel trsbut ap d luar artikel tpi msh dlam blog trsbut..

 ikaln yang mana dulu nih? iklan buat artikel atau iklan jualanmu?
 kalau artikel ya di FB postnya
 kalau jualan.. di sisipkan dalam blognya

kalau dari pengalaman di ONstore, yang penting punay team yang solid dan lengkap. Harus punya team IT, CS, Admin, Vendor Relations, Digital Marketing, Business Development...
 ribet emang punya marketplace.. makanya ktia buat ONstore untuk memberikan kesempatan bagi orang lain untuk bisa memiliki marketplace sebagai associates ONstore, dengan investasi yang sangat terjangkau... duh koq malah jadi ngomongin ONstore juga

Betul iklan jualanya..?
 iklan jualan biasa saya test 2 hal.
satu buat artikel langsung tentang jualan dan di promo juga artikel tersebut
atau artikel viral yang disisipkan jualannya
: promo keduanya dan test :)

Tips utk pemula membangun tribe lewat FB dong Pak?
 tips membangun tribes lewat FB.. simplenya sih follow aja ke FBku dan perhatikan apa yang aku lakukan.. duplicate dari apa yang saya kerjakan
kuncinya lagi-lagi give value
saya terkadang berikan ebook gratis...
dengan syarat mereka harus memasukkan email
contoh kaya di http://imacademy.co/guides/

apa moment paling nyebelin/merugikan yang pernah pak Andry hadapi saat ngelola tribes itu?dan gimana cara cerdas mengatasinya Pak?
πŸ˜„πŸ˜„
 moment paling nyebelin ya... itu pas lagi promo produk orang lain tapi nyatanya jelek.. gak sesuai dengan bayangan kita.
 saya pernah lagi promo produk salah satu orang yang ternyata tipu-tipu
komisi saya sudah dapat 60-70 jutaan padahal dari sana..
 tapi ya.. saya minta refund semua karena ketahuan nipu.. lebih baik hilang puluhan juta di bandingkan hilang asset tribesnya
 karena tribes member saya itu percaya kepada saya... kepercayaan itu yang saya pegang
that's why ketika saya bilang ini barnag bagus.. BELI.. langsung rebutan beli hahaha

Lbh efektif d sbut d dlm artikel nya ap d luar artikel nmun msh dlm blog trsbut.
harus di test sih kalau saya bilang.. tiap offer itu berbeda-beda hasilnya
Anda harus testing semua..

Kan bisa sebagai ajang promosi juga pak,.
Bearti secara garis besar jika ingin bneran terjun ke online juga harus ada team ya pak,.
Hampir sama kyk kita buka supermarket offline

: tergantung sberapa besar Anda ingin memulai
[6/1 kalau mau sebagai marketplace.. ya iya...

kalau cuma blog biasa atau tribes simple.. 1 orang juga bisa.. ini saya satu orang doang jalanin tribesnya.. sementara untuk marketplace ya teamnya besar.. we have 20 something people to help us run the business

OK. Thanks buat kesempatannya sharing..
Sedikit promosi.. kalau mau belajar lebih lanjut soal tribes bisa beli buku saya The Internet Millionaire yang di jual di gramedia atau gramedia.com

Kalau mau ikutan praktek langsung ke dalam marketplace yang saya susun dan bergabung dalam tribes untuk membantu para UKM serta teman-teman yang ingin sukses online, silahkan bergabung bersama ONstore. Detailnya sama Mas Reza. Silahkan tanya beliau.

Sukses selalu untuk kita semua... Good night and have fun :)

 PS: This is how you promote to tribes.. give value first and then ask for business.. I hope you learn something.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

9 Pilar Bisnis by Kulwap with Coach Rio

9 Pilar Bisnis by Kulwap with Coach Rio 9 Pilar bisnis terdiri dari : 1. omset 2. Kepuasan pelanggan 3. kinerja (sdm) 4. Cost 5. Organisasi 6. Leadership 7. Business owner mentality 8. Spirituality 9. Human dignity Penjelasan : Apakah itu omset? Omset adalah target pendapatan dari penjualan yang kita lakukan. Omset merupakan *Goal Setting* yang harus clear dan jelas berapa yang mau kita capai dari bisnis yang kita jalani Kedua adalah *kepuasan pelanggan* yang merupakan customer kita. Dimana pelanggan harus mempunyai rasa puas setelah menggunakan produk kita. Bahkan kalau bisa, melebihi ekspektasinya Ketiga adalah Kinerja ( SDM ). Jadikan kinerja sebagai basis penilaian terhadap sdm yang kita miliki, bukan berdasar lamanya waktu dia bekerja namun. Keempat adalah cost, yang harus kita tekan seminimal mungkin agar jalannya bisnis dan keuntungan bisnis lebih banyak Logikanya, kalau cost ditekan, walau omset tetap, namun profit akan meningkat. Point 1 sampai 4 adalah

Sistem dan Kuasa Bisnis Owner by Kulwap with Coach Rio

Malam ini, ada materi yang ringan.. Tentang Sistem dan Kuasa Bisnis Owner *Pertama kita bahas kuasa sistem* Ada 5 kerangka sistem yang dapat dikendalikan oleh seorang business owner Untuk menjadikan organisasi bisnis jadi kuat, orang orang dalam organisasi harus terus belajar dan tumbuh. Pertumbuhan organisasi sejalan berbanding lurus dengan peningkatan kapasitas individunya Ada 5 kuasa sistem yg harus dikendalikan yaitu *1. SDM* tidak ada sdm yang ada ditempat kerja namun tidak jelas apa hasilnya. *2. Promotion* promosi adalah aktifitas vital dan jantungnya bisnis. Produk yang hebat, berkualitas dan berdaya saing, akan jadi produk yg sia sia jika tak dipromokan dengan tepat kepada marketnya. *3. Financial* sistem keuangan jadi tolak ukur bisnis. Inti dari bisnis adalah uang yang dihasilkan. Jadi musti melek financial agar bisa menerapkan strategi bisnis kedepannya. *4. Daily Operation* operasional bisnis harian sudah tersistem dengan baik, sehingga tak perlu seorang

Matrix Eisenhower by Kulwap with Coach Rio

Assalamualaikum wr wb Dah jam 20.12... Maaf terlewat Ini matrix Eisenhower Tentang Mendesak dan Penting Ada yang bisa bantu jelaskan? Baca matrix nya Matrik 1 berarti melakukan kegiatan yg penting dan mendesak. Matrik 1, yg penting dan mendesak jd harus lgsg dilakukan Matrik 2, penting tapi ga mendesak tetapi hrs direncanakan Matrik 2 biasanya kegiatan jangka lbh pjg penting utk dilakukan tp tdk mendesak Ayo.. dilanjut penjelasannha Matrik 3, ga penting tapi mendesak. Jadi bisa didelegasikan Matrik 4, ga penting dan ga mendesak. Jadi ntar dl dikerjainnya 😬 Contohnya pekerjaan yang ga penting dan ga mendesak apa coach? Bukan kah ada baiknya gausa dipikirkan toh ga guna juga. Contohnya spt balas chat yg gak ada hubungannya dg bisnis ya coach? Ini bisa menjadi pemetaan pengalihan kewenangan diorganisasi Misal jilatin materai buat bikin invoiceπŸ˜€πŸ˜€ Ini kan yang saya maksud gausa dipikirin dan gaada guna? Kenapa kita harus letakan di matrix ke 4 Ok.. kita masuk ma